Minggu, 5 Desember 21

Inilah Rekayasa Lalu Lintas di Jakarta Saat Digelar KAA

Inilah Rekayasa Lalu Lintas di Jakarta Saat Digelar KAA

Jakarta, Obsessionnews – Berdasarkan informasi situs resmi Humas Polda Metro Jaya, tengah menyiapkan rekayasa jalur lalu lintas untuk pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi Asia Afrika (KAA). Pengaturan arus lalu lintas akan dilakukan di empat kawasan, yakni Pancoran-Kuningan-Blok M, Dukuh Atas-Monalisa, Harmoni-Bundaran Hotel Indonesia dan Senayan.

Untuk kawasan Pancoran-Kuningan-Blok M, arus kendaraan yang datang dari arah Jalan MT Haryono menuju Jalan Gatot Subroto dialihkan ke Pasar Minggu dan arus kendaraan yang datang dari Jalan Dr Supomo maupun Pasar Minggu akan dialihkan ke Jalan MT Haryono.

Arus kendaraan dari Pasar Minggu bisa dialihkan ke Jalan Duren Tiga. Kemudian arus kendaraan yang datang dari arah Mampang menuju Rasuna Said dialihkan melalui Jl Duren Tiga, Mampang Prapatan, atau Jalan Kapten Tendean menuju Jalan Wolter Mongonsidi.

Arus kendaraan yang datang dari Jalan Panglima Polim menuju Jalan Sisingamangaraja dialihkan ke Jl Melawai Jl Sultan Iskandarsyah atau melalui Jalan Tirtayasa. Adapun jalan lainnya melalui Jalan Kyai Maja atau ke kanan Jalan Trunojoyo menuju Jalan Wolter Monginsidi.

Sementara untuk pengalihan di kawasan Dukuh Atas-Monalisa, yakni di traffic light CSW, lalu lintas yang akan menuju Jalan Sudirman dialihkan ke Jalan Trunojoyo (ke timur) dan ke Jalan Kyai Maja. Kemudian di traffic light Bundaran Senayan dialihkan ke Jalan Hang Tuah-Pakubuwono. Jalan Pintu I diputar balik doorbraak menuju ke Jalan Asia Afrika.

Arus lalu lintas di Semanggi atas dari arah grogol menuju ke Jalan Sudirman di belakang GKBI, dialihkan ke arah Cawang. Semanggi dari arah Cawang yang akan turun menuju Jalan Sudirman dialihkan ke arah Grogol (barat). Pertigaan Bendungan Hilir diputarbalik kembali ke arah Penjernihan. Pertigaan Meredian yang datang di Jalan Mas Mansyur menuju ke Jalan Sudirman diputarbalik ke arah Tanah Abang.

Sedangkan di pertigaan Danamon yang datang dari Casablanca samping gedung Sampurna diluruskan naik jalan layang ke arah Tanah Abang (barat). Depan BNI Dukuh Atas jalur lambat dialihkan turun arah Manggarai/ Tanah Abang/ Pejompongan. Sisi-sisi kendaraan dari lalur cepat dialihkan ke arah Jalan Blora. Di pertigaan Chase Plaza yang akan menuju atau masuk Jalan Sudirman diputar balik ke kawasan Setiabudi.

Arus lalu lintas di kawasan Harmoni-Bundaran HI diberlalukan, yakni dari Jalan Medan Merdeka Utara menuju Jalan Medan Merdeka Barat atau Jalan MH Thamrin dialihkan di traffic light Oteva ke Jalan Tanah Abang Barat atau ke Harmoni. Arus lalin yang datang dari arah Tanah Abang (belakang museum) dialihkan ke arah Harmoni. Arus lalin yang datang dari Abdul Muis menuju Bundaran air mancur diluruskan ke arah Harmoni. Begitupun arah sebaliknya.

Selain itu, arus lalin yang datang dari Jalan Medan Merdeka Selatan dialihkan ke Jalan Agus Salim. Arus lalin yang datang dari Jalan Sabang 2 dialihkan ke Kebon Sirih atau Tugu Tani. Arus lalin yang datang DR Jalan Wahid Hasyim menuju Jalan MH Thamrin diputarbalikkan.

Arus lalin dari arah Sabang dialihkan ke Jalan Wahid Hasyim-Tugu Tani. Arus lalin yang datang dari arah Kebon Kacang menuju Bundaran HI diputarbalikkan. Arus lalin yang datang dari Jalan Moch Yamin dialihkan ke kiri belakang Mandarin. Arus lalin yang datang dari Imam Bonjol dialihkan ke Pamekasan kiri menuju Jalan Sumenep.

Di kawasan Senayan, pengaturan lalu lintas juga diberlalukan. Kendaraan yang datang dari timur ke barat Jalan Gatot Subroto dialihkan ke kiri Jalan Sudirman menuju Jl Sisingamangaraja atau dialihkan melingkar ke Semanggi arah utara Jalan Sudirman menuju Jalan MH Thamrin. Kendaraan roda empat dimasukkan ke Senayan.

Kemudian arus lalin yang ingin melintas Gerbang Pemuda diluruskan di Sekat 2. Arus lalin yang datang dari Jalan Asia Afrika yang ingin melintas Gerbang Pemuda diluruskan ke arah Palmerah. Arus kendaraan yang datang dari arah Jalan Sisingamangaraja yang ingin masuk pintu Senayan diluruskan ke arah Jalan Jenderal Sudirman menuju Semanggi dan seterusnya. Serta arus kendaraan yang datang dari arah Jalan Sisingamangaraja yang ingin masuk pintu V Senayan 01 ke arah Sudirman-Semanggi dan seterusnya. (Herdianto)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.