Sabtu, 27 April 24

Inilah Makanan Pencegah Kanker

Inilah Makanan Pencegah Kanker
* makanan pencegah kanker. (hellosehat)

Kanker merupakan salah satu penyakit yang ditakuti banget karena nggak jarang bisa menyebabkan kematian. Nah, supaya nggak terkena penyakit ini, ada beberapa cara yang bisa kita lakukan lho untuk menjaga kesehatan dan mencegah kanker, termasuk rutin mengkonsumsi makanan pencegah kanker.

Kalau kita cukup dengan rutin mengkonsumsi makanan sehat, kita bisa mengurangi risiko kanker hingga 70%? Makanan yang kita konsumsi sehari-hari berperan banget dalam meningkatkan atau menurunkan risiko kita terkena kanker lho. Selain itu, jenis makanan yang kita konsumsi juga menentukan berat badan kita yang juga mempengaruhi risiko kita terkena kanker. Jadi, teratur mengkonsumsi makanan pencegah kanker udah terbukti efektif banget lho dalam menurunkan risiko terkena kanker.

Agar kita bisa menurunkan risiko kanker, berikut ini makanan pencegah kanker yang wajib kita konsumsi sehari-hari. Dilansir dari Healthline.com dan Reader’s Digest, terdapat 12 makanan pencegah kanker yang bisa kita tambahkan ke menu makanan kita setiap harinya.

1. Buah beri
Berbagai jenis buah beri seperti raspberry atau blueberry umumnya mengandung anthocyanin – pigmen yang bersifat antioksidan dan bisa mencegah beberapa jenis kanker seperti kanker usus besar, kanker mulut, dan kanker tenggorokan lho.

Supaya efektif mengurangi risiko kanker, kita sebaiknya mengkonsumsi 1-2 porsi buah beri setiap harinya. Buah beri juga mudah kita konsumsi dengan berbagai cara, seperti dalam bentuk smoothie bowl, jus, sebagai topping oatmeal atau yogurt kita, atau dalam dessert kita.

2. Kayu manis
Rempah-rempah yang satu ini nggak hanya terkenal dengan rasanya yang enak dan comforting, tapi juga manfaatnya buat kesehatan lho. Selain bisa mengatur gula darah, kayu manis juga ternyata bisa memperlambat penyebaran sel kanker dan pertumbuhannya. Kayu manis yang berbentuk ekstrak di dalam makanan kita bahkan bisa mencegah munculnya tumor lho.

Untuk mencegah kanker, kita disarankan mengkonsumsi 0.5 hingga 1 sendok teh kayu manis tiap harinya. Supaya lebih enak, makanan pencegah kanker yang satu ini juga bisa kita konsumsi di roti seperti cinnamon roll, di dalam pie seperti apple pie, atau untuk sarapan dengan ditaburkan di pancake atau french toast.

3. Salmon
Sering makan sushi dengan salmon? Kebiasaan makan salmon ini bisa membuat kamu terhindari dari kanker darah lho! Sebuah studi di Australia membuktikan kalau orang yang makan 4 porsi ikan seperti salmon, mackarel, sarden, dan tuna bisa menurunkan risiko terkena kanker darah hingga 30% lho. Salmon juga menurunkan risiko kanker endometrial dan kanker usus juga karena ikan satu ini mengandung vitamin D dan Omega-3 yang bisa mengurangi risiko kanker.

Supaya efektif menurunkan risiko kanker, sebaiknya kita mengkonsumsi minimal 2 porsi ikan salmon setiap minggunya. Ada banyak cara kita bisa makan ikan yang satu ini, mulai dari makan sashimi atau sushi, sebagai lauk yang menjadi topping rice bowl, atau dalam bentuk steak salmon panggang.

4. Bawang putih
Hampir semua menu makanan utama atau lauk yang kita konsumsi biasanya mengandung bawang putih. Nah, bumbu masakan yang satu ini ternyata bermanfaat banget untuk mencegah kanker lho karena memiliki zat bernama allicin yang bisa mencegah kanker, khususnya kanker lambung dan kanker usus besar.

Mengkonsumsi makanan yang mengandung 1 siung aja bawang putih setiap harinya cukup efektif untuk mencegah kanker lho. Bawang putih bisa kita konsumsi bareng berbagai tumis sayuran atau daging, seperti ketika memasak daging ala Korean barbecue. Kita juga mengkonsumsi bawang putih ketika makan garlic bread atau menu pasta dengan bumbu bawang putih yang banyak lho seperti spaghetti aglio olio.

5. Brokoli
Sayur yang satu ini memang lumayan terkenal sebagai salah satu superfood yang efektif banget mencegah kanker. Ini karena selain mengandung serat yang tinggi, brokoli mengandung sulforaphane – sebuah zat yang memiliki sifat anti-kanker. Zat inilah yang bisa menurunkan risiko kanker hingga 75%. Tapi, zat ini bisa hilang kalau kita memasak brokoli dengan cara dipanggang di microwave lho.

Untuk menjaga kesehatan kita dan mencegah kanker, kita bisa makan brokoli sebagai lauk beberapa kali seminggu. Sebaiknya juga makan makanan pencegah kanker ini kalau diolah dengan cara ditumis atau direbus ya daripada dipanggang di microwave.

6. Minyak zaitun
Minyak yang bisa menggantikan minyak goreng biasa untuk memasak ini punya banyak banget manfaat untuk kesehatan kita lho, termasuk untuk melindungi kita dari kanker. Semakin banyak minyak zaitun yang kita konsumsi, risiko kanker payudara dan kanker usus kita akan semakin berkurang lho.

Untuk mendapatkan manfaat minyak zaitun dalam mencegah kanker nggak sulit lho, cukup lebih sering mengkonsumsi makanan yang dimasak dengan minyak zaitun sebagai pengganti minyak goreng aja. Mulai dari pasta, salad, tumisan sayur, hingga kentang dan sayuran panggang.

7. Kopi
Untuk kamu yang coffee-addict, minuman favorit kamu ini bisa mencegah kanker hati dan kanker usus lho! Penelitian dari Institut Nasional Kanker Amerika Serikat membuktikan kalau mengkonsumsi 4 cangkir kopi atau lebih setiap harinya bisa mengurangi risiko kanker usus besar hingga 15% dan kanker hati hingga 50%. Ini karena kopi mengandung molekul antioksidan, anti-pembengkakan, dan antikanker yang efektif mencegah kanker.

Untuk merasakan efeknya minum kopi dalam mencegah kanker, biasakan minum minimal 1 cangkir kopi setiap hari, baik decaf maupun kopi biasa. Tapi, jangan sampai mengkonsumsi lebih dari 5 cangkir kopi ya supaya minuman satu ini tetap efektif mencegah kanker.

8. Kurma
Buah yang banyak dikonsumsi selama bulan puasa ini ternyata bermanfaat banget untuk mencegah kanker lho. Kurma yang tumbuh di gurun mengandung polyphenol – zat yang bisa mencegah kanker, terutama kanker usus – dalam jumlah yang lebih banyak dibandingkan buah dan sayuran lainnya. Selain itu, kurma juga bersifat anti-tumor lho.

Selain makan kurma kering utuh saat sahur dan buka puasa, makanan pencegah kanker ini juga cocok kita makan bareng oatmeal, bareng ayam rebus atau kukus atau dicampur dalam berbagai makanan khas India dan Timur Tengah.

9. Jamur
Suka makan jamur? Ada banyak jenis jamur yang udah terbukti bisa mencegah kanker lho, seperti jamur portobello yang mengandung selenium untuk mencegah kanker. Jamur shiitake dan jamur putih juga bermanfaat dalam menurunkan risiko kanker pada perempuan Tiongkok dan Korea Selatan lho.

Ada banyak banget menu berbahan jamur yang enak dan tetap mempertahankan manfaatnya untuk kesehatan kita lho sesuai dengan selera kita, mulai dari mushroom pasta, tumis jamur, pepes jamur, mushroom risotto, atau olahan jamur ala India. Kita juga boleh banget menambah makanan pencegah kanker ini dalam berbagai menu makanan kita setiap hari untuk menjaga kesehatan.

10. Anggur
Buah yang satu ini mungkin lebih sering kita konsumsi dalam bentuk jus atau wine. Tapi, buah anggur sendiri punya banyak banget manfaat lho, terutama dalam mencegah kanker. Kulit anggur merah mengandung resveratrol – sebuah zat kimia yang bisa mencegah kanker, penyakit jantung, dan stroke. Anggur juga mengandung asam ellagic yang melindungi paru-paru dari racun penyebab kanker di sekitar kita.

Nah, kalau kamu ingin mengkonsumsi anggur utuh, ada banyak dessert yang cocok banget untuk kamu makan dan bisa kamu cobain seperti grape salad, grape pie, atau cobain smoothie bowl dengan topping anggur. (*/cashbac)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.