Rabu, 25 Mei 22

Inilah 7 CEO Inspiratif di Dunia (4)

Inilah 7 CEO Inspiratif di Dunia (4)
* Carlos Ghosn.

Carlos Ghosn Penyelamat Nissan

Carlos Ghosn dilahirkan di Porto Velho, Brasil, 9 Maret 1954. Kiprahnya di industri otomotif raksasa berkaliber dunia sungguh mengagumkan dan inspiratif. Prestasinya boleh dibilang luar biasa. Ia menjabat CEO di dua industri otomotif terkemuka, yakni Nissan (Jepang) dan Renault (Perancis). Dia orang pertama di dunia yang menjadi pemimpin perusahaan lintas negara dan budaya. Ibarat seorang dokter, Carlos Ghosn (dibaca : Goan) datang ke Jepang pada saat yang tepat untuk mengobati ‘pasien’, Nissan, yang sedang sekarat. Berkat ditangani Ghosn salah satu industri mobil terbesar di negeri Matahari Terbit tersebut terselamatkan, panjang umur, dan berhasil membukukan keuntungan. Di sisi lain Ghosn juga berhasil mengantarkan Renault semakin berkibar.

Nissan dan Renault bersepakat melakukan aliansi strategis pada 1999, dan Ghosn dipercaya menjadi CEO di dua industri ini. Dari langkah bisnis ini disepakati kepemilikan silang (aliansi strategis) di antara keduanya, yakni Renault memiliki 44,4 persen saham Nissan, dan Nissan menguasai 15 persen saham Renault.

Kinerja Ghosn di industri otomotif memang gemilang. Di Jepang popularitasnya melesat karena dianggap sebagai sang dewa penyelamat bagi Nissan. Industri otomotif terbesar kedua di negeri Sakura ini sebelumnya pada 2000-an terancam bangkrut karena harus menanggung rugi hingga USD6,1 miliar. Dalam waktu 18-19 bulan Ghosn mampu mengubah keadaan Nissan keluar dari jurang kehancuran. (arh)

Baca juga:

Inilah 7 CEO Inspiratif di Dunia (1)

Inilah 7 CEO Inspiratif di Dunia (2)

Inilah 7 CEO Inspiratif di Dunia (3)

Inilah 7 CEO Inspiratif di Dunia (5)

Inilah 7 CEO Inspiratif di Dunia (6)

Inilah 7 CEO Inspiratif di Dunia (7- Selesai)

 

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.