Sabtu, 13 Agustus 22

Inilah 7 CEO Inspiratif di Dunia (3)

Inilah 7 CEO Inspiratif di Dunia (3)
* Johnny Darmawan.

Johnny Darmawan Tangguh Didera Krisis

Johnny Darmawan sosok yang fenomenal. Ia CEO PT Toyota Astra Motor (TAM), anak perusahaan PT Astra International, dalam kurun waktu 20 tahun. Johnny CEO yang tangguh didera krisis. Ketika Indonesia dilanda krisis ekonomi tahun 1998, dan banyak industri yang gulung tikar, Johnny mampu mempertahankan keberadaan perusahaan yang dipimpinnya.

Pria kelahiran Bungur, Jakarta Pusat, tahun 1952 ini telah mampu menempatkan TAM sebagai market leader kendaraan roda empat di Indonesia. Ia yakin, dengan kerja keras, mulai dari level teratas hingga terbawah akan membuat reputasi TAM terus meningkat.

Johnny sosok pekerja yang memiliki integritas dalam bekerja. Kalau tidak, bagaimana mungkin seorang yang memiliki latar belakang keuangan bisa sukses dalam pemasaran. Ya, sejatinya, kesuksesan di bidang penjualan acap kali berada di tangan tenaga yang ahli di bidang pemasaran. Tapi tidak dengan TAM. Perusahaan ini sukses menjaga dan meningkatkan pemasarannya justru karena seorang tenaga akuntan atau keuangan. Biasanya, orang keuangan itu cenderung berpikir spesifik.

Dia sendiri tidak tahu mengapa ia yang terpilih untuk menjadi CEO TAM yang dianggapnya sebagai sesuatu yang sangat kontradiktif. Jujur, sebelumnya Johnny mengakui sama sekali tidak tahu yang namanya dunia marketing. Ia tidak tahu berjualan karena sepanjang karirnya belum pernah jadi kepala cabang, tidak pernah jadi salesman. Tapi dengan kemauan dan kerendahan hatinya, ia mempelajari teknik dan teori pemasaran ia bisa tampil sebagai marketer.

Terus belajar dan bekerja keras serta tak henti berdoa adalah kiat usaha yang ia terapkan sampai saat ini, sampai kemudian ia merasa Tuhan mendengar doanya dan menjadikan ia seperti sekarang ini. Karena itulah, ia kerap mengakui bahwa kekuatan spiritual mampu menjadi pendorong yang paling dahsyat bagi seseorang yang ingin meraih prestasi. Johnny selalu mengingatkan bahwa sebesar apapun target kita dalam meraih prestasi semuanya akan kembali berpulang kepada Yang Maha Kuasa. (arh)

Baca juga:

Inilah 7 CEO Inspiratif di Dunia (1)

Inilah 7 CEO Inspiratif di Dunia (2)

Inilah 7 CEO Inspiratif di Dunia (4)

Inilah 7 CEO Inspiratif di Dunia (5)

Inilah 7 CEO Inspiratif di Dunia (6)

Inilah 7 CEO Inspiratif di Dunia (7- Selesai)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.