Sabtu, 27 April 24

Ini Tips Penguasaan Informasi dalam Bisnis

Ini Tips Penguasaan Informasi dalam Bisnis
* Gunakan piranti digital untuk membantu pelanggan memecahkan masalah mereka sendiri,

Teknologi informasi digital dan internet, tak pelak lagi, telah membuat perubahan sangat besar dalam dunia bisnis. Kecepatan informasi dan konektivitas yang bersifat global, menjadi kata kunci yang membuat segala sesuatu jadi berbeda.

Tuntutan akan kecepatan informasi, di tengah era yang tak lagi mengenal batas, menjadi sesuatu yang mutlak bagi setiap perusahaan. Singkatnya, penguasaan informasi yang lebih cepat adalah sebuah kekuatan.

Perusahaan-perusahaan sukses sekarang ini adalah perusahaan yang menggunakan piranti digital untuk terus menemukan cara kerja yang lebih baik. Perusahaan-perusahaan ini membuat keputusan jadi lebih cepat, lebih efisien, dan langsung berhubungan dengan para pelanggan secara positif. Bagaimana agar informasi dapat menjadi hal yang paling mendasar dalam perusahaan Anda, berikut ini adalah sejumlah langkah kunci yang disarikan dari pandangan Yehezkiel A.G., seorang praktisi sekaligus pengamat bisnis dan marketing.

  1. Usahakan agar komunikasi mengalir ke seluruh organisasi lewat email sehingga Anda dapat menanggapi suatu kabar dengan kecepatan refleks.
  2. Pelajari data penjualan online untuk menemukan pola dan berbagi wawasan dengan mudah. Pahami tren keseluruhan dan personalkan jasa untuk tiap pelanggan.
  3. Gunakan PC untuk analisis bisnis, pindahkan karyawan berpengetahuan ke pekerjaan dengan tingkat berpikir lebih tinggi tentang produk, jasa, dan profitabilitas.
  4. Gunakan piranti digital untuk menciptakan tim virtual lintas departemen yang dapat saling berbagi pengetahuan dan saling membangun gagasan secara real time dengan cakupan global. Gunakan sistem–sistem digital untuk mencatat sejarah perusahaan yang dapat digunakan oleh siapapun.
  5. Ubahlah setiap proses yang menggunakan kertas ke proses digital agar kemacetan administratif dapat dihilangkan, dan para karyawan berpengetahuan dapat mengerjakan tugas-tugas yang lebih penting.
  6. Gunakan piranti digital untuk menghilangkan jabatan-jabatan bertuas tunggal atau mengubah jabatan-jabatan itu menjadi jabatan-jabatan bernilai tambah yang menggunakan keterampilan-keterampilan seorang karyawan berpengetahuan.
  7. Ciptakan suatu feedback loop digital untuk meningkatkan efisiensi proses-proses fisik dan meningkatkan kualitas produk serta jasa yang dihasilkan.
  8. Gunakan sistem digital untuk menyampaikan keluhan-keluhan pelanggan dengan segera kepada orang yang dapat memperbaiki kualitasnya.
  9. Gunakan komunikasi digital untuk mendefinisikan kembali sifat bisnis Anda serta batas-batas di seputar bisnis. Diperlebar supaya lebih luas atau dikecilkan agar lebih intim, yang penting sesuai kebutuhan pelanggan.
  10. Pertukaran informasi dengan waktu. Kurangi waktu daur melalui penggunaan transaksi-transaksi digital dengan semua pemasok dan rekanan, kemudian ubah setiap proses bisnis dengan sasaran just-in-time delivery.
  11. Gunakan pengantaran produk secara digital untuk menghilangkan perantara dalam transaksi dengan pelanggan. Jika Anda seorang perantara, gunakan piranti digital sebagai nilai tambah.
  12. Gunakan piranti digital untuk membantu pelanggan memecahkan masalah mereka sendiri, dan pelihara kontak pribadi untuk menanggapi kebutuhan pelanggan yang lebih kompleks dan high value. (red)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.