Sabtu, 27 April 24

Ini Tips dalam Memilih dan Membeli Bohlam Lampu Motor

Ini Tips dalam Memilih dan Membeli Bohlam Lampu Motor
* Ilustrasi lampu motor. (Foto: Kapoy/obsessionnews)

Jakarta, obsessionnew.com – Sistem penerangan pada motor sangatlah penting, apalagi jika Anda sering berkendara pada malam hari. Untuk itu saat pemilihan bohlam lampu motor, Anda harus benar-benar selektif agar lampu motor bisa digunakan secara optimal.

Apalagi lampu motor di zaman dulu dan zaman sekarang memiliki perbedaan. Di mana dahulu lampu motor warnanya masih netral kuning, namun warna ini dianggap sudah ketinggalan zaman. Karena motor keluaran baru banyak yang bertipe HID atau LED.

Dari rilis yang diterima obsessionnews.com, Jumat (18/3/2022), ada cara dalam memilih dan membeli bohlam lampu motor. Karena dalam memilih dan membeli bohlam lampu motor Anda tidak boleh sembarangan, berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan.

1. Sesuaikan Soket Lampu

Tips pertama, Anda harus memperhatikan bagaimana jenis soket pada lampu motor. Jika Anda asal membeli lampu motor tanpa mencocokkan soketnya, maka lampu tersebut tidak bisa dipasang di motor Anda.

Alhasil jika sudah seperti ini maka anda bisa merasa rugi. Apalagi jika memilih lampu motor bertipe LED yang harganya kerap lebih mahal daripada lampu motor model lama. Ketika memiliki budget tipis, hal seperti ini tentu tidak boleh Anda lakukan.

2. Arus Listrik Motor

Saat memilih bohlam motor sangat penting pula untuk mengetahui arus kelistrikan pada motor tersebut. Karena arus listrik pada motor baru dan motor lama memiliki perbedaan. Pada motor lama masih menggunakan arus jenis AC, di mana arus ini masih berubah-ubah tergantung tegangan yang dikeluarkan saat lampu motor yang menyala.

Kelistrikan pada motor lama memiliki arus yang selalu berkedip saat motor tidak di gas dan akan terang saat motor dikendarai. Arus AC ini tentu tidak cocok jika dipaksakan menggunakan lampu motor bertipe LED karena akan membuat lampu motor tidak awet.

Sementara bagi Anda yang menggunakan motor dengan bohlam tipe LED harus menggunakan kelistrikan tipe DC. Tipe ini banyak dipakai untuk motor-motor keluaran baru dan juga mobil. Lampu akan tetap menyala meski motor sedang di gas ataupun tidak. Kelebihannya adalah membuat aki motor jauh lebih tahan lama karena pemakaian kelistrikan sesuai.

3. Perhatikan Bagian Reflektor

Pada saat menggunakan bohlam lampu motor ada yang namanya reflektor. Dimana pada motor lama reflektor ini didesain menggunakan bahan sesuai lampu standar jadi bisa menahan panas pada suhu yang tinggi maupun rendah.

Namun pada bohlam lampu motor pada jenis motor baru, menggunakan lampu LED yang menghasilkan panas lebih tinggi. Alasannya tentu karena watt dan terang yang dihasilkan juga lebih tinggi. Jadi sesuaikan pemilihan lampu motor dengan kondisi reflektor.

Karena jika tidak disesuaikan maka reflektor lampu motor bisa meleleh. Reflektor yang mengalami kondisi ini tentu akan membuat Anda rugi karena bisa saja harus melakukan penggantian. Jika menggunakan lampu bohlam lampu motor bertipe lelet maka sebaiknya pilih watt yang tidak terlalu tinggi. Ini agar panas yang dihasilkan bisa sesuai dengan kondisi motor.

4. Pilih Lampu LED Atau Halogen

Bohlam lampu motor lama umumnya bertipe halogen. Sementara untuk motor baru produsen sepeda motor banyak menggunakan tipe lampu LED. Sebenarnya mana yang lebih baik dipilih? Jenis bohlam lampu motor ini sebenarnya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Perlu diketahui untuk jenis lampu motor LED tidak hanya digunakan untuk motor saja tapi berbagai alat elektronik. Seperti misalnya untuk panel pada control mobil, komputer hingga sistem audio. Kelebihan lainnya pada lampu LED ini cahaya lampu putih yang dihasilkan lebih terang dan lampu tidak gampang mati serta terdapat banyak variasi lampu LED. Namun lampu LED, harganya jauh lebih mahal dibanding lampu halogen.

Jika lampu LED mengalami kerusakan, maka harus diganti satu set dengan batok lampu. Sementara untuk tipe halogen memiliki intensitas cahaya yang lebih kuat sehingga tidak hanya digunakan untuk kendaraan bermotor pada tipe lama tapi juga untuk penerangan mobil adventure.

Untuk harga lampu halogen ini jauh lebih terjangkau dan cara penggantian lampu juga lebih mudah dibanding LED. Tetapi lampu ini punya daya panas tinggi dan suhu lampu cepat panas serta tergolong boros dan bisa menguras aki mobil atau aki motor. Sehingga penggunaan aki motor tidak bisa awet.

Jadi itu tadi beberapa tips dalam pemilihan bohlam lampu motor. Bagi Anda yang sedang mencari bohlam lampu motor tidak perlu susah ke bengkel, bisa dilakukan secara online dengan mengunjungi marketplace. Salah satu marketplace terbaik saat ini adalah Shopee, di mana Anda tidak boleh melewatkan berbagai kampanye Shopee untuk mendapatkan harga bohlam terbaik.

Saat pembelian produk bohlam maupun produk lainnya di Shopee maka jangan lupa menggunakan pengiriman lewat Shopee Express. Sistem pengiriman ini tidak hanya cepat dan terpercaya tapi Anda bisa mendapatkan keuntungan dan promo menarik. Mulai dari Gratis Ongkir Setiap Hari, Sistem Waktu Pengiriman Yang Cepat dan Pengiriman yang Dijamin Sangat Aman. Cek Shopee sekarang juga. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.