Rabu, 20 Maret 19

Ini Solusi dari KPU Soal Penghitungan Surat Suara Lewat Sehari

Ini Solusi dari KPU Soal Penghitungan Surat Suara Lewat Sehari
* Ilustrasi penghitungan surat suara. (foto: nawacita.co)

Jakarta, Obsessionnews.comSurat suara merupakan sebuah selebaran yang digunakan dalam pemilu. Dalam surat suara tertulis nama partai, calon presiden, kepala daerah dan nama wakil rakyat di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) tingkat 1 maupun tingkat 2.

Seseorang yang memiliki hak pilih akan memilih salah satu hal yang tertulis di dalam surat suara tersebut dengan cara mencoblos. Surat ini nantinya yang akan dihitung dalam pemilu dan hasilnya akan diumumkan kepada masyarakat.

 

Baca juga:

Pemilu 2019 PDI-P Juaranya

FOTO Kodim Apel Siaga Hadapi Pemilu 2019

Bakomubin Berharap Pemilu 2019 Dijadikan Ajang Fastabiqul Khoirot

KPU Diminta Fokus Pada Penyelenggaraan Pemilu 2019

 

Namun terkadang saat penghitungan surat suara inilah yang menjadi hal yang krusial, karena menyangkut pertarungan peserta Capres dan Cawapres dalam Pemilu 2019 nanti. Oleh karena itu, penghitungan suara perlu mendapatkan perhatian dan pengawasan yang optimal agar tidak ada manipulasi data.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo memprediksi momen paling rawan saat Pemilu 2019 mendatang adalah saat penghitungan suara. Hal itu disampaikan usai dirinya menghadiri acara Rakornas Kadiv Propam Polri dan Rakortek POM TNI-Polri se-Indonesia di Hotel Sultan, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (25/2/2019).

Menurut pria kelahiran Surakarta, Jawa Tengah, 1 Desember 1957 ini, momen saat penghitungan suara itu adalah waktu paling rawan konflik, melihat penghitungan dibatasai sampai pukul 23.00 WIB atau 24.00, sementara untuk satu orang rata-rata menghabiskan satu menit untuk menghitung lima surat suara yang dicoblos.

Oleh karena itu dia meminta instansi TNI dan Polri untuk menyiapkan personelnya dalam rangka mensukseskan pelaksanaan Pemilu di tingkat TPS (tempat pemungutan suara) hingga penghitungan suara selesai. Sebab peran TNI-Polri sangat penting untuk mensukseskan pelaksanaan Pemilu. Terutama untuk memetakan kerawanan Pemilu.

Menanggapi soal penghitungan Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI akan mengusulkan penghitungan surat suara dan pencatatan administrasi di setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS) hanya pada sampai C1 Plano. Hal ini untuk menghindari batas waktu satu hari yang diatur dalam undang-undang untuk proses penghitungan surat suara di TPS.

Komisioner KPU RI, Wahyu Setiawan menjelaskan penghitungan surat suara pada Pemilu 2019 berpotensi memerlukan waktu yang lebih lama mengingat ada lima jenis surat suara yang harus dihitung yakni surat suara presiden dan wakil presiden, DPR RI, DPRD Kabupaten/Kota, DPRD Provinsi serta DPD RI.

“Sebagai ilustrasai pada pemilu 2014 saja, penghitungan suara di TPS, ditambah pengadministrasian di TPS, pada pemilu 2014, yang empat jenis suara, itu saja banyak TPS melewati jam 12.00 (malam),” ujar Wahyu di Jakarta, Kamis (28/2)

Tentu KPU akan berkomunikasi dengan pemerintah dan DPR untuk bersama-sama mencari solusi atas hal tersebut. karena tidak menutup kemungkinan memang pengadministrasian selesai di tingkat TPS itu bisa saja melampaui jam 24.00.

“Untuk itu, dalam waktu yang tidak terlalu lama kita akan berkomunikais dengan DPR dan pemerintah terkait hal itu,” beber Pria kelahiran Banjarnegara 5 Desember 1973 itu.

KPU menawarkan, alternative untuk penghitungan surat suara sampai di C1 Plano. “Begini, penghitungan suaranya dimungkinkan selesai tidak melampaui hari, tetapi pengadministrasian berpotensi melampaui hari sehingga bisa jadi, kita menawarkan solusi, itu kan pengadministrasian di TPS, kan ada CI Plano, ada dokumen-dokumen lain, nah kalau selesai pada C1 Plano, insyaallah cukup, tetapi kalau termasuk pengadministrasian dan lain-lain, ini berpotensi tikak cukup,” jelas Wahyu.

“Artinya, pukul 24.00 lebih satu detik saja sudah termasuk hari lain atua hari berbeda,” tambah mantan Ketua KPU Kabupaten Banjarnegara ini. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.