Minggu, 18 April 21

Ini Peran ‘Online Marketplace’ dalam Jaga Ketahanan UMKM di Masa Pandemi

Ini Peran ‘Online Marketplace’ dalam Jaga Ketahanan UMKM di Masa Pandemi
* Ilustrasi offline marketplace. (Foto: Dok. Neurosensum)

Jakarta, obsessionnews.com  – NeuroSensum, perusahaan riset konsumen berbasis neurosains dan kecerdasan artifisial, memaparkan hasil studi kualitatif mengenai peran online marketplace dalam membantu usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia bertahan selama masa pandemi. Berdasarkan hasil riset yang dilakukan secara virtual ke  sejumlah pelaku UMKM di tanah air terungkap, bahwa lini penjualan offline mereka mengalami penurunan. Hal ini berbanding terbalik dengan penjualan online mereka yang justru meningkat.

 

Samuel, salah satu pedagang pakaian di Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, merasakan saat Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) diberlakukan sekitar Triwulan 1 2020 bisnisnya terancam gulung tikar karena aktivitas offline mendadak dibatasi.

 

“Kalau nggak ada online mungkin tahun lalu saya udah gulung tikar kali. Pas PSBB kan Tanah Abang ditutup, barang yang saya timbun ada Rp 10 M, kalau nggak ada online saya bangkrut,” ujar Samuel seperti dikutip obsessionnews.com dari siaran pers, Kamis (8/4/2021).

 

Padahal UMKM telah berjasa besar menyelamatkan Indonesia dari dua krisis ekonomi besar, yaitu krisis ekonomi 1998 dan 2008. UMKM, yang sejatinya adalah usaha dari rakyat untuk rakyat, sekali lagi diharapkan mampu membantu menahan laju penurunan pertumbuhan ekonomi di masa pandemi ini. Di masa kecanggihan teknologi seperti sekarang, peran online marketplace kemudian menjadi vital dalam mendukung ketahanan UMKM di Indonesia. Aktivitas offline yang dibatasi karena pandemi, secara alami menghadirkan peluang dan tantangan tersendiri baik bagi pelaku UMKM, pembeli, maupun online marketplace sebagai penyedia tempat berjualan.

Halaman selanjutnya

Pages: 1 2 3 4 5

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.