Senin, 29 April 24

Ini Jadwal Pelantikan Kepala Daerah Hasil Pilkada Serentak

Ini Jadwal Pelantikan Kepala Daerah Hasil Pilkada Serentak
* Mendagri Tjahjo Kumolo.

Jakarta, Obsessionnews – Pemerintah menetapkan jadwal pelantikan kepala daerah hasil pilkada serentak 2015, baik itu gubernur, bupati maupun walikota terpilih. Rencana pelantikan diawali pada bulan Februari dan berakhir pada Juni 2016.

Untuk jadwal pelantikan kepala daerah tingkat 1, yaitu gubernur dan wakil gubernur akan dilakukan pada Jumat (12/2/2016) di Istana Negara, dengan dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

” 7 (Tujuh) Gubernur dilantik Bapa Presiden di Istana Negara,” ujar Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo melalui pesan singkatnya kepada wartawan, Minggu (7/2/2016).

Sedangkan untuk pelantikan bupati dan walikota dijadwalkan pada Rabu (17/2/2016). Berbeda dengan gubernur, pelantikan bupati dan walikota akan berlangsung di ibu kota provinsi masing-masing.

Kali ini sebanyak 202 pasangan bupati dan walikota akan dilambil sumpah dan janjinya secara serentak di seluruh Indonesia, belum termasuk 7 bupati/walikota yang masih berproses di Mahkamah Konstitusi (MK).

Pelantikan berikutnya untuk daerah yang proses pilkadanya diundur, seperti 11 bupati/walikota dan gubernur Kalimantan Tengah, akan dilakukan pada Maret 2016. Bila hasil pilkadanya di gugat ke MK maka pelantikannya akan menunggu keputusan tetap.

Pelantikan gubernur Sulawesi Tengah, karena masa jabatan gubernur untuk periode sebelumnya baru akan selesai bulan Juni 2016, maka pemerintah memutuskan pelantikan dilakukan pada awal bulan plus 30 lebih bupati/walikota.

“Karena sesuai ketentuan UU masa habis jabatan Kepala Daerah bulan Juni 01, tidak boleh dikurangi,” pungkas Tjahjo. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.