Sabtu, 27 April 24

Indonesia Wajib Bantu Musibah Imigran Rohingya

Indonesia Wajib Bantu Musibah Imigran Rohingya

Jakarta, Obsessionnews – Ketua Umum ORKESTRA (Organisasi Kesejahteraan Rakyat) Poempida Hidayatulloh menyerukan, Indonesia sebagai Bangsa yang besar harus membantu musibah yang menimpa para imigran Rohingya.

“Dilematika geopolitik yang ada harus dikesampingkan terlebih dahulu demi kemanusiaan,” tegasnya di Jakarta, Kamis (21/5/2015).

Menurut Poempida, salah satu cara yang memang menjadi hak Pemerintah adalah memberikan “Political Asylum” (Suaka Politik), sampai terjadi kondisi yang membaik di negara asal mereka.

Mantan Anggota Komisi IX DPR RI inimenjelaskan, suaka politik adalah salah satu hak asasi manusia ditegaskan oleh Pasal 14 dari Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia, dan aturan hukum hak asasi manusia internasional.

“Semua negara yang telah sepakat untuk Konvensi PBB mengenai Status Pengungsi harus membiarkan orang, yang memenuhi syarat, datang ke negara mereka,” tutur Poempida.

“Jelas para Imigran Rohingya sudah memenuhi syarat mengingat kondisi musibah yang menimpa mereka,” tandas Politisi Partai Golkar ini.

Untuk itu, kata Poempida, ORKESTRA mendesak Pemerintah RI agar segera memberikan Suaka Politik dan bantuan kemanusiaan bagi para imigran tersebut.

“Selama mereka dalam suaka tentunya diplomasi dengan Myanmar pun harus dijalankan dalam konteks mempertegas status para imigran Rohingya ini,” tambahnya. (Ali)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.