Sabtu, 1 Oktober 22

Indonesia-Jepang Atasi Masalah Air Global

Indonesia-Jepang Atasi Masalah Air Global
* Presiden Joko Widodo (Jokowi). (Foto: FB Kementerian PUPR)

Obsessionnews.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida mengadakan pertemuan di Istana Bogor, Jawa Barat, hari ini, Sabtu (30/4/2022). Sejalan dengan pertemuan ini, kerja sama dan kepemimpinan Indonesia sebagai tuan rumah World Water Forum 2024 bersama Jepang sebagai tuan rumah Asia Pacific Water Summit 2022 yang baru lalu di Kumamoto, sangat diharapkan untuk mengatasi berbagai isu dan masalah air global.

 

Baca juga:

CIMB Niaga Finance Resmi Alirkan Air Bersih untuk Warga Ciparay Lewat Program CSR

Kementerian PUPR Bangun SPAM Semarang Barat untuk Penuhi Air Bersih 350.000 Jiwa

 

 

Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida. (Foto: FB Kementerian PUPR)

 

Dikutip dari akun Facebook Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Sabtu, di era modernisasi saat ini air bersih masih menjadi barang mewah bagi banyak orang dalam memenuhi kebutuhan dasar kehidupan. Namun disayangkan krisis air terus menjadi tantangan global yang mana 785 juta penduduk dunia atau 300 juta di antaranya di Asia tidak memiliki akses air bersih. Setiap harinya lebih dari 800 anak balita di seluruh dunia meninggal akibat kontaminasi air dan sanitasi.

Tidak hanya persoalan di atas saja, bahkan adanya perubahan iklim, pertumbuhan penduduk dan urbanisasi menjadi tantangan yang makin kompleks.

Banyak hal yang harus dilakukan bersama-sama terutama guna mencapai Sustainable Development Goals. Dalam hal ini Pemerintah melalui Kementerian PUPR akan mengambil langkah nyata berupa kerja sama dengan Jepang untuk meningkatkan infrastruktur Sumber Daya Air sehingga dapat mengatasi krisis air, perubahan iklim, dan memastikan pembangunan hijau. (arh)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.