Kamis, 30 Juni 22

Ibu Kota Baru akan Dibangun dengan Cara-cara Pintar

Ibu Kota Baru akan Dibangun dengan Cara-cara Pintar
* Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin. (Foto: FB Jokowi)

Jakarta, Obsessionnews.com Ibu kota negara akan pindah dari Jakarta ke Kalimantan. Menurut Presiden Joko Widodo (Jokowi), hal ini tidak sekadar pindah kantor semata-mata, tapi lebih luas dari itu, yakni perpindahan ibu kota menandai perubahan budaya, sistem kerja, serta percepatan transformasi ekonomi.

 

Baca juga:

Fraksi Partai NasDem DPR Dukung Rencana Pemindahan Ibu Kota

Alumni ITS Dorong Penggunaan Energi Terbarukan di Ibu Kota yang Baru

Kaltim Ideal Jadi Ibu Kota Baru Indonesia

 

“Karena itu, sebelum pindah, kita persiapkan dengan baik. Kita harus belajar dari pengalaman beberapa negara yang pindah ibu kotanya, tapi ibu kota itu menjadi kota yang mahal, sepi, dan hanya dihuni para pegawai pemerintah plus diplomat. Tidak begitu,” kata Jokowi di akun Facebooknya, Senin (16/12/2019).

Jokowi membayangkan di ibu kota baru nantinya selain kantor-kantor pemerintah, ada klaster-klaster seperti untuk pendidikan serta pusat riset dan inovasi kelas dunia.

“Selain dirancang sebagai kota pintar, ibu kota baru juga akan dibangun dengan cara-cara pintar. Kita harus meninggalkan cara berpikir lama yang selalu melihat semuanya hanya urusan anggaran dan biaya semata,” pungkasnya.

Pantauan obsessionnews.com Selasa (17/12) pagi postingan Jokowi di Facebook itu mendapat 54 ribu like, 3,8 ribu komentar, dan 1,5 ribu kali dibagikan.

Berikut ini dikutip komentar beberapa warganet:

Farizal Amrulloh: Inilah presiden indonesia yg memikirkan supaya negaranya lebih maju berkualiatas di mata dunia,,semangat,sehat terus presidenku💪😄👍

Sianturi Pearung: Semoga tercapai rencana pk Presiden yg baik demi majunya Indonesia

Indah Niswatie: Harapannya kl sdh pindah…tiket pesawat domestik turun y pak😀😷yah biar skali2 bisa main ke ibukota negara..yg biasanya keibukota naik motor😘

Nurmauly Pakpahan: Seperti Berlin Pak, Ibu kota baru bg Jerman bersatu …. Kotanya tenang, aman; hutan kotax ditata DG indahx, Segar, sungai2x bersih, itu jd kota budaya, kota wisata, Pendidikan, sejarah, penelitian DLL…. Tidak hiruk pikuk Dan bising, tapi tenang…. Nyaman …. Ngangenin bener Kota Berlin Dan tentu saja Kota2 sekitarx .. unt Ibu kota baru … Balikpapan juga akan menjadi Kota yg mendukung kenyamanan Ibu kota baru …. Gubernurx siapa ya Pak President?

Djoko Wibowo : Ide yang sangat baik harus di dukung oleh staf dan sumber daya yg mumpuni sehingga nanti nya dapat terwujud sesuai keinginan. Lanjutkan Pak Jokowi

(arh)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.