Minggu, 5 Mei 24

Hoaks Video Tentara Tiongkok Mendarat di Kota Manado

Hoaks Video Tentara Tiongkok Mendarat di Kota Manado
* Ilustrasi Hoaks Video Tentara Tiongkok Mendarat di Kota Manado (Foto: Kominfo.go.id)

Obsessionnews — Beredar sebuah unggahan video yang mengklaim tentara Tiongkok. Dalam video diketahui bahwa tentara tersebut telah mendarat di Bandar Udara Internasional Sam Ratulangi, Manado.

Namun, saat ditelusuri melalui Kominfo.go.id, video yang beredar tersebut adalah tidak benar. Faktanya, klarifikasi telah diberikan oleh Divisi Hubungan Masyarakat Kepolisian Republik Indonesia (Humas Polri).

Melalui akun Instagram resminya, @divisihumaspolri, mengeklaim bahwa pasukan Brigade Mobile (Brimob) tersebut merupakan pasukan Brimob Indonesia. Yang mana mereka tiba setelah bertugas di Satgas Damai Cartenz, Papua.

“Divisi Humas Polri memastikan video tersebut adalah tidak benar atau hoaks. Faktanya, video tersebut adalah pasukan Brimob yang tiba setelah bertugas di Satgas Damai Cartenz, Papua,” dikutip dari akun @divisihumaspolri, Senin (8/4/2024).

Sementara itu, Corporate Communication Strategic PT Lion Air, Danang Mandala Prihantoro juga ikut menjelaskan. Ia menuturkan, penerbangan tersebut bukan membawa penumpang yang berisi tentara Tiongkok.

“Penerbangan dimaksud adalah rute domestik yang terjadi pada 28 dan 31 Desember 2022,” ujar Danang.

Referensi:

https://www.kominfo.go.id/content/detail/55817/hoaks-video-tentara-cina-mendarat-di-kota-manado/0/laporan_isu_hoaks (HAS)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.