Senin, 13 Mei 24

Hindari Tengkulak Unpad dan BI Jual Langsung Buah Petani Ke Masyarakat

Hindari Tengkulak Unpad dan BI Jual Langsung Buah Petani Ke Masyarakat

Bandung, Obsessionnews – Untuk menghindari para tengkulak, calo dan para distributor buah dan sayur Universitas Pajajaran (Unpad) Bandung dan Bank Indonesia membantu penjualan buah dan sayur hasil petani lokal ke masyarakat.

Menurut Rektor Unpad Tri Hanggono Achmad, Selasa (20/10) buah-buahan dan sayuran tersebut didatangkan langsung dari petani di daerah Pangalengan, Majalengka, dan Indramayu dan akan dijual setiap hari Minggu.

Rektor menjelaskan produk tersebut sudah mendapatkan sertifikat Prima III dari Direktorat Jenderal Pengolahan dan Pemasaran Hasil Pertanian Kementerian Pertanian RI. Rektor pun langsung meninjau penjualan perdana Minggu kemarin di Cisangkuy Bandung.

Menurut Rektor di hadapan Kepala Divisi Pengembangan Ekonomi Daerah Bank Indonesia Regional Jawa Barat, Dudi Darmawan jajaran, pimpinan universitas dan fakultas, serta dosen dan mahasiswa di lingkungan Unpad menilai kegiatan tersebut merupakan salah satu unsur pendorong pertanian berkelanjutan di sisi ketahanan pangan.

“Kalau kita perkuat melalui kerja sama dengan bidang ilmu lain, masyarakat bukan hanya mendapat produk pertanian yang unggul juga ada nilai tambah yang muncul,” kata Rektor.
Agar kegiatan ini lebih memberikan dampak lebih kuat pada masyarakat, Rektor berharap ada kerja sama dengan sektor lain melalui pendekatan Pentahelix. Dengan demikian, kegiatan ini bukan hanya sekadar menjual buah dan sayuran berkualitas tinggi.

“Bale Balantik ini ide dasarnya sebagai etalase dimana kita bisa belajar bertransaksi. Yang paling penting, mestinya kita bisa hadir langsung di tengah-tengah masyarakat,” kata Rektor..

Hal senada juga dikatakan ketua pelaksana Khairinnisa “Kita ingin masyarakat bisa mendapatkan produk buah dan sayuran premium dengan terjangkau,” kata Khairinnisa.
Dengan memutus rantai pasok, produk yang dijual di acara tersebut harganya dapat lebih terjangkau. Ia sendiri menjamin produknya bebas hama sehingga lebih aman dan sehat dikonsumsi. Rencananya, kegiatan ini akan digelar setiap hari Minggu di Bale Balantik, agar masyarakat dapat dengan mudah mendapatkan buah dan sayuran segar berkualitas dengan harga terjangkau. (Dudy Supriyadi)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.