Senin, 29 April 24

Hari Perempuan Internasional 8 Maret

Hari Perempuan Internasional 8 Maret
* Ilustrasi Perempuan (Foto: istimewa)

Obsessionnews — Hari Perempuan Internasional dirayakan setiap tahunnya pada tanggal 8 Maret. Peringatan ini merupakan bentuk peringatan terhadap perjuangan, dan pencapaian perempuan di berbagai bidang.

Merangkum berbagai sumber, Hari Perempuan Internasional awalnya diperingati sebagai hari aksi untuk memperjuangkan hak-hak perempuan. Seperti hak memilih, hak bekerja, dan hak atas pendidikan.

Namun, seiring dengan berjalannya waktu, Hari Perempuan Internasional dijadikan momentum kampanye berbagai isu. Tepatnya isu yang dihadapi oleh perempuan di seluruh dunia seperti kekerasan seksual, ketimpangan ekonomi, dan diskriminasi gender.

Sejarah Hari Perempuan Internasional bermula pada tahun 1908. Saat itu, sebanyak 15 ribu perempuan di New York City melakukan aksi unjuk rasa. Mereka menuntut upah kerja yang lebih baik, hak untuk memilih dan jam kerja yang singkat dan layak.

Setahun kemudian, Partai Sosialis Amerika mendeklarasikan Hari Perempuan Nasional pertama. Saat itu dilakukan di Amerika Serikat pada 28 Februari hingga tahun 1913.

Pada Konferensi Internasional di Kopenhagen tahun 1910, Clara Zetkin mengusulkan Hari Perempuan Internasional dirayakan secara internasional. Konferensi tersebut diikuti oleh 100 perempuan yang berasal dari 17 negara.

Mereka bersepakat bahwa perlu dirayakan Hari Perempuan Internasional. Merujuk keputusan konferensi di Kopenhagen, Hari Perempuan Internasional pertama kali dirayakan pada 1911.

Tepatnya saat itu di Austria, Denmark, Jerman dan Swiss pada 19 Maret. Bahkan, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) resmi menjadikan Hari Perempuan Internasional sebagai perayaan tahunan.

Di mana diawali pada tahun 1975, dan diperingati setiap tanggal 8 Maret. Tanggal 8 Maret ini merujuk pada sejarah mogok kerja pada wanita Rusia pada tahun 1917.

Aksi mogok para perempuan tersebut terjadi pada hari Minggu 23 Februari dalam Kalender Julian, yang saat itu digunakan di Rusia. Jika dihitung dalam kalender Gregorian, aksi mogok tersebut jatuh pada 8 Maret, yang kini dirayakan sebagai Hari Perempuan Internasional. (HAS)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.