Sabtu, 27 April 24

Harga Cabe Melonjak, Bawang Merah Turun

Harga Cabe Melonjak, Bawang Merah Turun
* Pedagang Sembako di Pasar Tradisional Subang Jawa Barat

Subang, Obsessionnews – Harga cabe melonjak naik di beberapa daerah, sedangkan harga bawang merah turun. Seperti harga cabe merah di Pasar Tradisional Subang menyentuh Rp70 ribu per kg yang sebelumnya Rp30 ribu. Kata salah seorang pendagang, Narudin (55), penyebab kenaikan harga karena pasokan kurang.

“Mungkin stoknya kurang (karena) musim kemarau banyak yang mati alias gagal panen,” jelasnya kepada Obsessionnews saat ditemui di kiosnya di Pasar Tradisonal Subang, Minggu (23/8/2015).

Harga kol juga naik dari Rp22 ribu menjadi Rp32 ribu per kg. Hal yang sama terjadi pada harga buncis menjadi Rp14 ribu mula-asalnya Rp7 ribuan “(Sebelumnya) paling mahal 7 ribu (rupiah),” katanya.

Lalu harga tomat mulai naik menjadi 2 ribu rupiah per kilo sebelumnya hanya sekitar Rp1.000 – Rp1.200 perkilo. “Sekarang dua ribu setelah 3 bulan tidak naik-naik,” ujarnya.

Tetapi ada juga yang mengalami penurunan harga salah satunya harga bawang merah menjadi 20 ribu per kg yang sebelumnya harganya Rp24 ribu per kg. Penyebabnya adalah saat ini bawang merah sedang panen raya.

Sementara itu harga ikan mengalami peningkatan cukup signifikan. Untuk jenis ikan kere jadi 50 ribu rupiah per kilogram. Sebelumnya biasanya dikisaran Rp20 – Rp30 ribu per kg.

Menurut Ari, salah seorang pedagang ikan menduga penyebab kenaikan harga karena kurangnya pasokan dan banyaknya permintaan konsumen.

“Apalagi sekarang lagi musim hajat. Biasanya sajian ikan gak bisa ditinggalkan,” ujarnya. Sedangkan pasokan ikan hampir tidak ada sekarang harus mencari sendiri ke Bandung. (Ted)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.