Rabu, 8 Mei 24

Gus Dur Jadi Pahlawan Nasional‎

Gus Dur Jadi Pahlawan Nasional‎
* Bondan Gunawan Mantan Mensesneg era Gus Dur ‎saat memberikan keterangan pers acara diskusi "Menggali Ideologi dan gagasan Bung Karno dan Gus Dur untuk Restorasi Indonesia, Surabaya, Sabtu (4/7/2015). (obsessionnews.com/Ari Armadianto)

Surabaya, Obsessionnews – Usulan agar Abdurrahman Wahid (Gus Dur) diangkat menjadi pahlawan nasional berkembang dan menguat.

Hermawi Taslim, sahabat Gus Dur yang juga Wakil Ketua DPP Bahu Nasdem menggarisbawahi urgensi penetapan GusDur sebagai Pahlawan Nasional sebagai bagian dari upaya pelestarian pemikiran tokoh-tokoh bangsa yang menjadi landasan ke Indonesiaan.

Menurutnya, perlu pemahaman utuh tentang pemikiran para tokoh bangsa agar identitas kebangsaan Indonesia tetap terpelihara utuh meskipun era berubah-ubah.

“Adalah penting utuk memahami para tokoh nasional dan pemikirannya, melalui sudut pandang kebangsaan masing-masing tokoh tersebut,” kata Hermawi, Minggu (5/7/2015).

Ia menambahkan, Indonesia tidak akan bertahan tanpa mereka, yang adalah pelaku sejarah di jamannya.

“Oleh karena itu, pengusulan Gus Dur sebagai pahlawan nasional adalah wujud dari pemeliharaan atas nilai-nilai kebangsaan yang telah ditanam beliau,” tandas Hermawi.

Sementara itu, Bondan Gunawan Mantan Mensesneg era Gus Dur
mengatakan, walaupun bermacam-macam perbedaan ideologi, tapi yang terpenting bagaimana negara terlindungi dan rakyat siapa pun menjadi sejahtera.

“Jadi setiap kader partai selain memperjuangkan partainya agar besar, dia harus berjuang untuk bangsa dan negara di atas segala-segalanya, Tidak harus meniru Bung Karno maupun Gus Dur tetapi perlu mengambil nilai-nilai yang ada,” jelas Bondan yang juga alumni GMNI ini.

Menurut Bondan, menjadi pribadi sebagai pemuda Indonesia mempunyai tantangan berbeda dengan tantangan mereka pada waktu itu.

“Jawabannya seperti apa, ada di tangan yang muda-muda ini. Itu pentingnya belajar sejarah yang disesuaikan dengan kondisi sekarang,” tandasnya. (GA Semeru)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.