Jumat, 3 Mei 24

Google Perkenalkan ‘Developer Preview’ di Android 15

Google Perkenalkan ‘Developer Preview’ di Android 15
* Ilustrasi aplikasi Google (Foto: istimewa)

Obsessionnews.com — Google memperkenalkan teknologi Pratinjau Pengembang (Developer Preview) pada Jumat (16/2/2024) kemarin. Teknologi baru ini merupakan hal pertama yang dirilis untuk Android 15.

Melansir Antara melalui Gsmarena, Google rencananya akan membuat versi DP satu lagi pada Maret 2024. Versi ini juga didahului versi Beta pertama pada April dan Beta kedua pada Mei.

“Kemudian fase “Platform Stability” dimulai pada bulan Juni menjelang rilis final yang akan dirilis setelah bulan Juli,” kata Google, dikutip Minggu (18/2/2024).

Nantinya, akan ada dukungan berbagi layar sebagian di Android 15. Dengan demikian, pengguna dapat berbagi atau merekam hanya di satu jendela aplikasi, bukan seluruh layar.

Android 15 juga memiliki dukungan untuk menghubungkan ke perangkat MIDI 2.0 melalui USB, seperti versi Android 13. Hal itu dilakukan untuk memperluas dukungan ke aplikasi MIDI virtual.

“Sehingga memungkinkan aplikasi komposisi mengontrol aplikasi synthesizer sebagai perangkat MIDI 2.0 virtual, seolah-olah aplikasi tersebut adalah perangkat USB MIDI 2.0,” kata Google.

Google menyatakan terdapat peningkatan pada bagian “performance framework”. Ekstensi baru itu dibuat untuk mengontrol perangkat keras dan algoritma kamera lebih besar pada perangkat yang didukung.

Google juga menyediakan dukungan untuk tipe data baru di Health Connect. Dalam mode ini file dapat dilindungi oleh tanda tangan kriptografi khusus di Android 15.

“Hal itu untuk memastikan file tidak dirusak, serta melindungi dari malware atau modifikasi file yang tidak sah.”

Sesuai dengan label pra-beta, teknologi ini bukan untuk semua orang. Ini dimaksudkan agar pengembang aplikasi dapat mengeksplorasi dan memastikan aplikasi mereka bekerja dengan baik.

Versi Beta akan hadir mulai bulan April 2024 mendatang. (HAS)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.