Sabtu, 27 April 24

Gerai FamilyMart di Gedung Smesco Indonesia Jual Produk UMKM

Gerai FamilyMart di Gedung Smesco Indonesia Jual Produk UMKM
* Prosesi pelepasan balon ke udara menandai peresmian pembukaan gerai FamilyMart di gedung Smesco Indonesia. Foto : Humas LLP-KUKM

Jakarta, Obsessionnews.com – Perusahaan waralaba convenient store, FamilyMart,  membuka gerai ke 104 di gedung Smesco Indonesia. Gerai Smesco Indonesia ini yang pertama menjual produk-produk UMKM dari sejumlah daerah. 

Direktur Utama Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (LLP-KUKM) Emilia Suhaimi mengatakan, produk UMKM yang dipasarkan di FamilyMart berupa produk makanan dan minuman hingga kerajinan khas daerah. 

“Kita diberi 3 gondola. Gondola itu berisi lebih dari 450 pieces UKM. Ada 90 UKM makanan dan minuman kemasan itu merupakan UKM yang mengisi Smesco Indonesia, ada 15 provinsi sekarang. Provinsi lainnya menyusul,” kata Emilia saat peresmian pembukaan FamilyMart di gedung Smesco Indonesia, Jakarta, Senin (1/10/2018).

Emilia mengatakan potensi UMKM yang besar selama ini masih terkendala dengan akses pemasaran yang terbatas. Padahal harusnya, UMKM adalah tulang punggung perekonomian Indonesia.

“UKM jadi tulang punggng karena jumlahnya 69 juta, kontribusi PDB 62 persen dan menyumbang angkatan tenaga kerja 96 persen lebih diserap UKM. Transaksi Rp 200 triliun untuk  makanan dan minuman transaksi, terbesar. Semoga UKM naik kelas (dengan kerja sama ini). Selama ini terbatas pemasarannya,” katanya.

Emilia menjelaskan kerja sama dengan FamilyMart sifatnya kemitraan. Kerja sama ini menurutnya bagus agar produk UMKM Indonesia bisa naik kelas karena diperdagangkan di ritel modern.

“Kemitraan win-win solution. Dengan mediasi ini agar makin banyak UKM yang terbuka pasar,” pungkasnya. 

Pembukaan gerai pertama FamilyMart yang menjual produk-produk UMKM di Gedung Smesco merupakan hasil kerja sama antara FamilyMart dengan LLP-KUKM.

“Kami sangat surprise atas support luar biasa, dengan cepat kita registrasi. Kami memberikan diskon 10 persen khusus produk UKM, belum ada batas waktu,” ungkap CEO FamilyMart Indonesia, Wirry Tjandra.

Ke depan, Ia telah menyiapkan pembukaan gerai FamilyMart lainnya yang menjual produk UMKM. Adapun lokasinya yaitu berada di area Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

“Ada 4 toko di airport yaitu terminal 3 dan 2, turis yang lewat di depan toko nanti kami membantu memasarkan produk-produk UKM yang dilihat mereka,” imbuhnya. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.