Kamis, 22 Agustus 19

Festival Yoga Internasional Peluang Emas Datangkan Wisman ke Candi Prambanan

Festival Yoga Internasional Peluang Emas Datangkan Wisman ke Candi Prambanan
* Berlatih yoga. (Foto: Kemenpar)

Jakarta, Obsessionnews.com – Sebanyak 18 juta wisatawan mancanegara (wisman) ditargetkan mengunjungi Indonesia pada 2019  dengan nilai devisa sebesar 16,11 miliar dolar AS.

Untuk mencapai target tersebut pemerintah melalui Kementerian Pariwisata (Kemenpar) gencar mempromosikan objek-objek wisata unggulan di tanah air. Juga mempromosikan event-event kesenian, kebudayaan, olahraga, dan lain sebagainya.

 

Baca juga:

Kunjungan Wisman ke Indonesia Catur Wulan Pertama di Bawah Angka Psikologis

Bintan Triathlon 2019 Ajang Efektif Jaring Wisman

Bali Destinasi Favorit Wisman Asal Vietnam

 

Salah satu event tersebut adalah Festival Yoga Internasional yang digelar dalam rangka Hari Yoga Internasional pada 23 Juni 2019. Festival ini merupakan peluang emas untuk mendatangkan wisman ke Candi Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY),  sebagai tempat penyelenggaraan.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran II Kemenpar Nia Niscaya mengatakan, event festival yoga internasional  yang diselenggarakan untuk merayakan Hari Yoga Internasional (International Day of Yoga/IDY) di Candi Prambanan telah dilaksanakan dalam dua tahun berturut-turut.

 

Baca juga:

Festival Sriwijaya 2019 Harus Didukung Asosiasi Pariwisata 

Pelatihan ‘Tourism Goes to Campus’ Dukung Sektor Pariwisata Jadi Primadona

Berkat Pariwisata Perekonomian Kepri Meningkat

 

Nia melihat potensi acara tersebut untuk dapat dikemas menjadi paket wisata menarik dengan tujuan mendatangkan kunjungan wisman khususnya dari India maupun diaspora India di berbagai negara di dunia.

“Saya mengusulkan kepada travel agent agar mengemas festival yoga ini sebagai paket wisata untuk mendatangkan wisman, sedangkan Candi Prambanan kita akan promosikan sebagai destinasi wisata untuk festival yoga internasional,” kata Nia dalam jumpa pers 5th International Day of Yoga di Auditorium Kedutaan Besar India di Kuningan, Jakarta, Senin (17/6/2019) sore.

Dikutip dari keterangan tertulis Kemenpar, Selasa (18/6), dalam kesempatan itu Nia didampangi Duta Besar Republik India untuk Indonesia Pradeep Kumar Rawat. Nia menjelaskan, dalam mengemas festival yoga internasional menjadi paket atau produk wisata yang menarik menjadi tugas industri pariwisata atau travel agent.

Sedangkan tugas pemerintah termasuk Kemenpar dan Dinas Pariwisata  DIY dan Jawa Tengah adalah untuk menyiapkan destinasi wisata, antara lain kompleks Candi Prambanan sebagai destinasi festival yoga internasional.

“Candi Prambanan dua tahun terakhir ini menjadi tempat penyelenggaraan puncak peringatan IDY dan ke depan akan berlangsung secara rutin,” tandasnya.

Nia mengungkapkan, penyelenggaraan festival yoga internasional di Candi Prambanan akan mendorong meningkatnya kunjungan wisman India ke Indonesia yang pada April 2019 lalu sebanyak 48.700 wisman atau tumbuh 1,4 persen dibandingkan April tahun 2018.

Sementara itu untuk mendukung kegiatan 5th International Day of Yoga di Prambanan, Kemenpar menyelenggarakan kegiatan famtrip dengan mengundang wartawan dari Asian News Internasional dan perwakilan Vito New Delhi. Mereka mengunjungi objek-objek wisata yang ada di Yogyakarta dan sekitar pada 18-19 Juni 2019.

Kegiatan famtrip tersebut dalam upaya untuk mempromosikan daya tarik pariwisata Yogyakarta dan sekitarnya yang dikenal di kalangan wisatawan India sebagai salah satu destinasi yang menarik untuk dikunjungi.

 

Baca halaman berikutnya

Pages: 1 2

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.