Senin, 29 April 24

Emas Rp224,58 Miliar Dicuri di Bandara Toronto

Emas Rp224,58 Miliar Dicuri di Bandara Toronto
* Bandara Toronto. (Getty Images)

Polisi sedang menyelidiki pencurian emas besar-besaran di Bandara Internasional Toronto Pearson, lokasi yang sering digunakan untuk mengirim emas yang ditambang di provinsi Ontario.

Dilansir BBC, Jumat (21/4/2023), pejabat Kanada mengatakan lebih dari C$20 juta ($15 juta, £12 juta) emas dan barang berharga dicuri pada Senin 17 April.

Kontainer pesawat yang membawa barang tiba di bandara pada malam hari dan diangkut ke fasilitas penyimpanan kargo.

Polisi menduga di situlah perampokan terjadi.

Pencurian itu bisa menandai salah satu perampokan terbesar dalam sejarah Kanada, daftar yang mencakup Pencurian Sirup Maple Kanada Besar 2011 dan 2012 ketika 3.000 ton sirup senilai $ 18,7 juta dicuri dari fasilitas penyimpanan di Quebec.

Inspektur Polisi Daerah Peel Stephen Duivesteyn mengatakan tim mereka sedang menyelidiki “semua jalan” dan menggambarkan insiden hari Senin sebagai insiden yang terisolasi dan langka.

Pada konferensi pers pada hari Kamis di bandara, Duivesteyn mengatakan kontainer pesawat yang hilang berukuran sekitar 5 kaki persegi (0,46 m persegi), dan “berisi barang-barang lain yang bernilai uang” selain emas.

Pejabat telah menolak untuk mengatakan maskapai apa yang mengirimkan kargo, dari mana muatan itu berasal, atau tujuan yang dituju.

“Tujuan kami adalah menyelesaikan pencurian ini,” kata Mr Duivesteyn. “Kami ingin menyelesaikannya. Saya tidak bisa memberikan rincian yang tepat.”

Tapi pelancong tidak dalam bahaya, lanjutnya. “Kami tidak menganggap ini sebagai masalah keamanan publik.”

The Toronto Sun melaporkan sebelumnya pada hari Kamis bahwa polisi mengira kelompok kejahatan terorganisir terlibat. Mr Duivesteyn mengatakan masih terlalu dini untuk mengatakannya.

“Kami tiga hari, jadi penyelidik kami membuka mata untuk semua jalan,” katanya. “Kami agak menjaga pandangan luas tentang itu, jadi kami melihat dari semua sudut tentang bagaimana barang ini dicuri.”

Dalam sebuah pernyataan, pihak bandara mengatakan bahwa pencuri tidak mendapatkan akses ke bandara itu sendiri tetapi “mengakses sisi publik dari sebuah gudang yang disewakan kepada pihak ketiga, di luar jalur keamanan utama kami”.

BBC telah menghubungi Royal Canadian Mounted Police untuk memberikan komentar. (Red)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.