Sabtu, 27 April 24

Mengenal Lebih Dalam Gurita Bisnis Anak dan Menantu Jokowi

Mengenal Lebih Dalam Gurita Bisnis Anak dan Menantu Jokowi
* Poster grand opening dari bisnis anak-anak dan menantu Jokowi. (Sumber Instagram Kaesang)

Jakarta, Obsessionnews.com – Sebelum menjadi Presiden, bakat Joko Widodo (Jokowi) sebagai pengusaha ternyata mengalir kepada anak-anaknya. Mereka mewarisi bakat sang ayah untuk menekuni di dunia wirausaha. Bahkan bukan cuma anak, menantu Jokowi, Bobby Nasution, juga punya bakat yang sama.

Kegemaran anak-anak Jokowi dalam dunia bisnis bukan karena memanfatkan sosok sang ayah sebagai Presiden. Sebab, mereka sudah mulai menekuni dunia itu sejak Jokowi belum menjadi Presiden. Umumnya para pelaku bisnis yang lain, anak-anak Jokowi juga pernah pernah merasakan jatuh bangunnya berwirausaha.

Berdasarkan data yang dihimpun setidaknya ada 13 usaha yang digeluti anak-anak Jokowi yang mencakup bidang kuliner, fashion hingga aplikasi. Hampir semua sektor bisnis itu tidak pernah sepi dari incaran masyarakat.

Putra sulung Jokowi, yakni Gibran Rakabuming Raka, mulai dikenal publik sebagai pebisnis yang memiliki gurita usaha di mana-mana. Pada 2010 lalu, pria yang akrab disapa Gibran ini merintis usaha pertamanya dibidang katering Chili Pari di solo.

Bukan tanpa alasan Gibran konsisten menggeluti dunia bisnis katering. Bagi Gibran bisnis katering pasarnya tak pernah sepi karena orang banyak mengadakan pesta, baik pernikahan, ulang tahun, tasyakuran dan lain-lain.

Sejak pertama didirkan Chili Pari terus berkembang. Bisnis ini tidak hanya terbatas pada katering saja, tetapi juga wedding organizer hingga pengadaan suvenir, undangan, dan foto pre-wedding.

Sukses Chili Pari Gibran lalu melebarkan usahanya dengan mendirikan Martabak Kotta Barat (Markobar) yang saat ini memiliki 37 cabang yang tersebar di seluruh Indonesia. Outlet terakhir diresmikannya awal minggu ini di wilayah Medan, Sumatera Utara.

Tidak berhenti di situ, Gibran menggeber bisnisnya dengan merambah olahan ceker ayam dengan nama Cakar Dheer dan Pasta Buntel. Ada pula bisnis kerja sama dengan rekannya Dhimas Aji Kurniawan yakni Mommilk dan yang terbaru diresmikannya Juli 2018 lalu adalah minuman Goola.

Kini tingggal putra bungsu Jokowi, Kaesang Pangarep atau kerap disapa Kaesang. Tak banyak yang tahu Kaesang juga mengikuti jejak ayah dan kakaknya. Kegemarannya dalam dunia bisnis sudah ia lakoni sejak duduk di bangku SMA.

Kaesang menjajal usaha cloting. Sayangnya, usaha yang dijalankan dua kali mengalami kegagalan. Penyebabnya, karena Kaesang masih kurang mengetahui bisnis clothing tersebut. Tak menyerah, Kaesang tetap bangkit, ia mencoba memulai bisnis baru dengan membuat brand kaos Sang Javas di tahun 2017.

Lalu ada pula bisnis kuliner Sang Pisang yang diresmikannya dipenghujung tahun yang sama. Saat ini, outlet Sang Pisang sudah membuka puluhan outlet di seluruh Indonesia.

Ketika berkunjung ke Pangkal Pinang bulan Juli 2018, Kaesang mengaku alasannya untuk memilih kuliner olahan pisang. Buah pisang disebut lebih murah dan lebih gampang didapat.

“Durian kan mahal, tergantung musim. Kalau Pisang harganya murah dan tersedia sepanjang tahun. Apalagi di Bangka saya lihat pisangnya banyak,” kata Kaesang seusai pembukaan outlet Sang Pisang Pankal Pinang, Sabtu (7/7/2018).

Selain usaha baju dan kuliner, bisnis board game pun ikut digelutinya bersama sang kakak yakni Gibran dan rekan mereka Erwin J. Skripsiadi lewat Hompipa! Games.

Kemudian hasil kolaborasi kakak-beradik Kaesang dan Gibran juga menciptakan jas hujan dengan merek Tugas Negara Bos! dan mengembangkan aplikasi jual beli makanan bernama Madhang Indonesia.

Bisnis Menantu Jokowi

Rupanya tak hanya Gibran dan Kaesang yang gemar mendirikan usaha sendiri. Menantu laki-laki Presiden Jokowi, yang merupakan suami dari Kahiyang Ayu, yaitu Bobby Nasution, juga tak mau kalah dengan saudaranya itu.

Sebelum menikah dengan Kahiyang, pria yang kerap disapa Bobby ini sudah berbisnis kedai kopi sejak 2013 lalu yang diberi nama Veteran Coffee. Diakuinya pada bulan April 2018 pihaknya tengah fokus untuk mengembangkan bisnisnya tersebut.

“Kami lagi fokus mengembangkan kafe kopi ini, dengan mengedepankan varietas kopi lokal Sumatera,” kata Bobby di acara Makerfest 2018 di Kota Medan, Sabtu (7/4/2018).

Setelah Veteran Coffee, Bobby pun kembali mendirikan usaha yang masih berkutat dibidang kuliner khususnya kafe kopi bertajuk Kopi Jolo pada tahun 2014. Bulan September 2018 kemarin, Kopi Jolo membuka cabangnya di Palembang, Sumatera Selatan.

Puncaknya, yang sempat jadi bahan perbincangan bulan Mei 2018 ialah pembukaan Kedai Rakyat yang diusung Bobby, Gibran dan Kaesang di Medan, Sumatera Utara.

Di kedai ini, para pembeli bisa menikmati menu andalan dari Markobar milik Gibran, Sang Pisang milik Kaesang, dan Kopi Jolo milik Bobby sekaligus.

“Kedai Rakyat adalah outlet kolaborasi pertama kami. Dibuka perdana di Medan. Bisnis kuliner di sini sangat ketat. Banyak brand-brand sudah duluan ada. Tapi kami optimistis bisa bersaing,” kata Gibran saat pembukaan Kedai Rayat di Medan, Sumatera Utara, Sabtu (26/5/2018). (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.