Sabtu, 27 April 24

Angkasa Pura Kembangkan Terminal Kargo dan Pos

Angkasa Pura Kembangkan Terminal Kargo dan Pos
* Angkasa Pura I.

Jakarta, Obsessionnews.com – PT Angkasa Pura I (AP I) mengakui selama ini pihaknya lebih fokus mengembangkan terminal bandara. Namun dirasa masih kurang memperhatikan pengelolaan terminal kargo dan pos yang lebih baik dan sesuai dengan sistem logistik. .

Direktur Utama Angkasa Pura I Danang Baskoro mengatakan, saat ini AP I tidak hanya mengelola terminal untuk penumpang pesawat. Terminal kargo dan logistik juga akan dikelola dengan seimbang. Sehingga, penumpang merasa semakin nyaman dan amam dalam menjaga barang bawaannya.

“Dinamika penangan bandara sama saja kaya di Cengkareng. Dulu terminal kargo ditanganinya cuma 25%, sementara 75% angkasa pura menangani passenger penumpang. Nah sekarang bisa sudah konsentrasinya 50% – 50%,” ujarnya saat ditemui di Graha Angkasa Pura I, Jakarta, Rabu (6/9/2017).

Danang melanjutkan, mulai fokusnya AP 1 terhadap logistik tidak terlepas dari munculnya industri e-commerce yang kemunculannya begitu pesat berkembang. Apalagi kemajuan jaman dan teknologi mendorong industri E-Commerce ini semakin melesat.

“Seiring waktu kemajuan logistik dan kecanggihan elektronik, semuanya berubah. Oranf tidak bisa banyangkan e-commerce bisa menjadi demikian besar,” jelasnya.

Oleh karena itu, guna mendukung pengembangan kargo atau logistik, pihaknya siap membangun beberapa infrastruktur penunjang. Salah satu contoh infrasturktur yang akan ditingkatkan adalah cold strogae (pendingin untuk barang).

“Infrastrukturnya sekarang ini kita konsen itu, kita mau peran lebih besar, kita mulai mendata, peralatan apa saja yang diperlukan di sana. Dan baru bisa investasi setelah tahu skala ekonomisnya berapa. Misalnua Cold storage, kita harus tau penggunaannya berapa besar. Harus ada itung-itungan yang tepat,” kata Danang. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.