Sabtu, 27 April 24

DPRD Jatim: Pelayanan Mudik di Pelabuhan Memuaskan

DPRD Jatim: Pelayanan Mudik di Pelabuhan Memuaskan
* SIDAK – Anggota Komisi D DPRD Jatim saat meninjau kesiapan fasilitas Terminal Penumpang Sementara, Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Senin (6/7/2015). (Obsessionnews.com/Ari Armadianto)

Surabaya, Obsessionnews – Komisi D DPRD Jawa Timur menilai sistem pelayanan moda transportasi laut di Pelabuhan Tanjung Perak,Surabaya memuaskan. Hal ini diketahui saat dilakukan inspeksi mendadak (sidak) jelang Lebaran 1 Syawal 1436 Hijriyah, Senin (6/7/2015).

Dari beberapa tempat yang dikunjungi, di antaranya fasilitas Pelabuhan Tanjung Perak, Terminal Penumpang Modern Gapura Surya Nusantara (GSN) dan Terminal Penumpang Sementara (TPS), Pelabuhan Tanjung Perak.

Wakil Komisi D DPRD Jawa Timur, Hamy Wahjuniarto mengatakan pihaknya melihat ada banyak calon penumpang yang menunggu kapal di Pelabuhan Tanjung Perak dengan fasilitas terminal penumpang yang jauh lebih baik dari tahun sebelumnya.

“Tidak ada calon penumpang kapal yang terlantar. Hal ini tidak lepas dari sistem moda transportasi laut kita yang tahun ini memuaskan,” kata Hamy di sela acara sidak di Pelabuhan Tanjung Perak.

Selain itu, Hamy juga mengatakan, pihaknya berharap semua pihak terkait jasa angkutan kapal agar bekerja bersama-sama demi keamanan dan kenyamanan para penumpang selama arus mudik dan balik Lebaran.

Legislator asal Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini mencontohkan, sistem tiket di transportasi laut yang semakin lama semakin bagus, yakni meniru kereta api dan pesawat terbang, salah satunya menggunakan sistem boarding pass.

“Artinya, satu tiket satu kursi di kapal. Ini lebih baik dan manusiawi, karena penumpang sudah pasti mendapatkan kursi dan tempat yang nyaman,” katanya.

Di samping itu, masih menurut dia, pihak operator kapal sudah mengutamakan kenyamanan penumpang dengan pembatasan jumlah kapal dalam angkutan Lebaran tahun ini. “Jadi penumpang tidak akan terlantar,” pungkasnya. (GA Semeru)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.