Selasa, 18 Januari 22

DPR Setujui Budi Gunawan Sebagai Kepala BIN

DPR Setujui Budi Gunawan Sebagai Kepala BIN
* Budi Gunawan.

Jakarta, Obsessionnews.com – Komjen Budi Pol Gunawan telah mengikuti uji kepatutan dan kelayakan di Komisi I DPR RI sebagai calon Kepala Badan Intelijen Negara (BIN). Hasilnya, DPR menyetujui Budi sebagai Kepala BIN menggantikan Sutiyoso.

“Maka rapat internal Komisi I memutuskan memberikan pertimbangan sebagai berikut. Satu, Saudara Budi Gunawan layak dan patut sebagai KaBIN (Kepala BIN) menggantikan Sutiyoso,” kata Abdul Kharis di Ruang Komisi I DPR, di DPR Rabu (7/9/2016) siang.

Kharis tidak bisa menjelaskan secara gamblang apa yang menjadi pertimbangan mengapa Budi lolos sebagai Kepala BIN. Ia beralasan rapat berlangsung tertutup, sehingga tidak bisa dipublikasikan.

“Demikian kesimpulan kami,” jelasnya singkat.

Ia hanya menyatakan, fit and proper test sudah melalui mekanisme yang harus dipenuhi antara lain melalui rapat Badan Musyawarah (Bamus) DPR. Hasil uji kepatutan dan kelayakan juga sudah melalui pertimbangan fraksi-raksi di parlemen.

Budi Gunawan mengikuti uji kepatutan tak lebih dari tiga jam di hadapan Komisi I. Dia memulai dengan paparan terbuka soal visinya dan dilanjutkan dengan paparan tertutup soal misinya. Keputusan ini akan segera dibawa ke Sidang Paripurna berikutnya untuk diketuk pimpinan DPR.‎ (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.