Kamis, 2 Mei 24

Diskusi Intensif Media dan Sekretariat Wapres Mengenai Capaian dan Harapan di Tahun Kelima Pemerintahan Jokowi-Ma’ruf

Diskusi Intensif Media dan Sekretariat Wapres Mengenai Capaian dan Harapan di Tahun Kelima Pemerintahan Jokowi-Ma’ruf
* Sekretariat Wakil Presiden (Setwapres) bersama Sekretariat Kabinet (Setkab) menggelar diskusi bersama insan media pada Sabtu (11/11/2023). (Foto: Setwapres)

Obsessionnews.com – Sekretariat Wakil Presiden (Setwapres) bersama Sekretariat Kabinet (Setkab) menggelar diskusi bersama insan media pada Sabtu (11/11/2023). Acara ini bertujuan untuk membahas capaian pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin dalam empat tahun terakhir, serta merumuskan harapan dan program untuk tahun terakhir periode 2019-2024.

Dalam diskusi ini, hadir sebagai pembicara Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Pembangunan Manusia dan Pemerataan Pembangunan (PMPP) Setwapres Suprayoga Hadi dan Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Pemerintahan dan Wawasan Kebangsaan (PWK) Setwapres, Velix Vernando Wanggai. Turut hadir juga wartawan Kompas, Cyprianus Anto Saptowalyono.

Suprayoga menyoroti berbagai program Wapres, termasuk penanggulangan kemiskinan, penurunan stunting, implementasi Disain Besar Olahraga Nasional (DBON), pelayanan kepemudaan, dan penanganan kebencanaan.

Baca juga: Wapres Serahkan Insentif Fiskal 2023 kepada Pemda yang Berkomitmen dan Berkinerja Baik

Dalam keterangan tertulisnya, Minggu (12/11), ia menggarisbawahi pentingnya dukungan media dalam menggaungkan upaya bersama untuk mencapai target RPJMN di tahun 2024.

“Sekretariat TNP2K dan Sekretariat TPPS Setwapres siap bermitra dengan rekan pers dan media untuk lebih intensif memberitakan peran dan capaian pelaksanaan mandat dari Wapres, khususnya untuk penanggulangan kemiskinan, kemiskinan ekstrem, dan penurunan stunting,” tegas Suprayoga.

Sementara itu, Velix Vernando Wanggai memaparkan berbagai program Wapres, termasuk reformasi birokrasi, otonomi daerah, dan peningkatan kesejahteraan masyarakat Papua. Velix menyampaikan bahwa Wapres fokus pada instrumen Mal Pelayanan Publik (MPP) dan telah meluncurkan uji coba MPP Digital di beberapa daerah.

“Jadi pada Mei 2023, kita telah launching uji coba MPP Digital di 31 kabupaten/kota melalui kerja sama tidak hanya pada level kementerian tetapi juga BUMN,” ujar Velix.

Dalam bidang tugas Wapres sebagai Ketua Dewan Pertimbangan Otonomi Daerah (DPOD) dan Ketua Badan Pengarah Papua (BPP), Velix menyebut bahwa Wapres akan memimpin sidang DPOD untuk membahas arah kebijakan pembangunan dan transfer keuangan daerah pada tahun 2024.

Baca juga: Presiden Jokowi Undang Tiga Capres ke Istana Negara Tanpa Cawapres

Cyprianus Anto Saptowalyono, wartawan Kompas, memberikan perspektif dari pihak media. Menurutnya, substansi narasumber dan kemampuan pers untuk mengolah informasi harus bermutu agar menghasilkan produk jurnalistik berkualitas. Anto juga menyoroti pentingnya doorstop/konpers secara rutin untuk membahas isu-isu aktual.

“Kalau bisa sebanyak mungkin ada forum-forum semacam itu supaya bisa membahas isu-isu yang sedang aktual. Pada setiap acara kalau memberikan doorstop/konpers itu ada kelebihannya yakni selain acara seremoninya, isu lain juga bisa tercover,” ujar Anto.

Diskusi ini diharapkan menjadi langkah awal untuk meningkatkan transparansi dan partisipasi publik dalam pembangunan nasional. Setiap pihak, baik pemerintah maupun media, diharapkan dapat bekerja sama untuk mencapai tujuan pembangunan yang lebih baik di tahun-tahun mendatang. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.