Senin, 26 Oktober 20

Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) Edi Sukmoro

Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) Edi Sukmoro
* Edi Sukmoro.

Sebagai Direktur Utama PTKAI, Edi Sukmoro memiliki peran besar menyediakan alat transportasi yang kini paling banyak digemari oleh masyarakat. Sebab, ada 10.057 unit armada (lokomotif, kereta, gerbong, KRL, dan KRD/I) yang terus ia kelola dengan baik agar masyarakat tetap bisa merasakan pelayanan yang aman, nyaman, dan mudah.

 

Menjadikan kereta api sebagai moda transportasi yang mengutamakan kemudahan, keselamatan, dan kenyamanan penumpang memang membutuhkan kerja keras. Itulah yang dirasakan oleh Dirut PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau PT KAI, Edi Sukmoro.

Kini, kemudahan menikmati jasa layanan transportasi kereta api bisa dirasakan oleh jutaaan masyarakat. Dimulai dari pemesanan tiket, masyarakat sudah tidak perlu lagi datang ke stasiun karena pemesanan tiket bisa dilakukan secara online. Atau cukup pergi ke minimarket terdekat yang sudah menjalin kerja sama dengan PTKAI.

Dalam memimpin, Edi Sukmoro terus berupaya memberikan inovasi demi meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Misalnya, check-in penumpang kereta api  kini sudah bisa dilakukan secara mandiri mulai 7 hari sebelum keberangkatan KA. Tujuannya untuk mengurai antrian para penumpang.

Kondisi stasiun dan kereta saat ini tampak lebih aman dan rapih tidak ada pedagang asongan. Dan sebagai bentuk dukungan terhadap perekonomian masyarakat dan untuk meningkatkan pelayanan kepada pengguna jasa transportasi kereta api, Edi mengizinkan adanya stand UMKM di stasiun. Beberapa stasiun besar sudah didirikan, diantaranya Stasiun Gambir dan Surabaya Gubeng.

Baginya untuk mewujudkan perubahan pasti selalu mendapat penolakan dari orang-orang yang tidak mau berubah. Tapi jika perubahan tujuannya untuk kebaikan dan kepentingan yang luas, Edi selalu menyatakan tidak boleh ada kata menyerah. Ia harus bisa memberikan contoh dan teladan yang baik kepada 28.216 karyawannya.

Berdasarkan data dari PT KAI, volume penumpang kereta api selama 2016 mencapai 352,31 juta orang, naik 7,70% dibandingkan 2015.

Sedangkan, volume angkutan barang pada tahun 2016 mencapai 32, 5 juta ton, naik 9,35% dibandingkan tahun 2015. Ini menunjukkan bahwa jumlah penumpang dan angkutan barang menggunakan kereta api dari tahun ke tahun pun semakin meningkat.

Data ini merupakan bukti bahwa masyarakat senang dengan berbagai kebijakan atau peraturan baru yang diterapkan oleh PT KAI. Bahkan pada pelaksanaan Angkutan Lebaran 2017 lalu, PT Kereta Api Indonesia (Persero) berhasil sukses dengan zero accident dengan jumlah penumpang 5,8 juta penumpang yang naik 7% dibandingkan tahun 2016.

Mereka bisa mengambil manfaat dari sejumlah fasilitas dan layanan yang sudah disediakan. Faktor-faktor yang menjadikan kehadiran Edi penting dalam mengambil peran dan tanggung jawabnya sebagai Direktur Utama PT KAI.

Berbagai upaya tengah dilakukan PT KAI untuk terus bisa memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dengan penambahan kereta api lokal, terutama di wilayah Jakarta dan sekitarnya. Bahkan tahun ini direncanakan masyarakat bisa mengunakan kereta api menuju Bandara Soekarno Hatta di Cengkareng.

PT KAI juga mendapat kepercayaan menyelesaikan penugasan dari Pemerintah, diantaranya LRT Palembang, KA Bandara Internasional Minangkabau, KA Trans Sumatera dan KA Trans Sulawesi. “Penugasan-penugasan itu tentu harus kami tuntaskan di samping kami tetap mengerjakan tugas utama kami untuk meningkatkan pelayanan yang dapat memenuhi kebutuhan pengguna jasa kereta api”, ujar Edi Sukmoro. (Al)

Artikel ini dalam versi cetak dimuat di Majalah Men’s Obsession edisi Agustus 2017.

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.