Sabtu, 27 April 24

Daun Beluntas Dapat Cegah Kerusakan Hati

Daun Beluntas Dapat Cegah Kerusakan Hati
* Daun beluntas.

Yogyakarta, Obsessionnews.com – Perubahan gaya hidup dan pola makan yang terjadi pada masyarakat dewasa ini dapat mengakibatkan berbagai macam gangguan kesehatan, salah satunya adalah penyakit hati. Hati tidak hanya berperan penting dalam metabolisme dan penguraian zat yang bersifat toksik, namun juga memiliki peran dalam reaksi biokimia. Berbagai kerusakan pada hati ini dapat mengakibatkan dampak penyakit seperti hepatitis, cholestasis, steatosis, dan granuloma.

Berangkat dari hal tersebut lima mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakrta, mencoba menemukan solusi atas persoalan tersebut. Mereka adalah Akhmad Esakta, Anissa Nugraheni, Avinda Kumalasari, Jeanette Aline Sarumaha dan Siti Hartinah di bawah bimbingan Dr. Drh. Retno Murwanti meneliti daun beluntas (Pluchea indica L.) yang diduga berpotensi sebagai agen hepatoprotektor.

“Daun beluntas mengandung senyawa yang dapat melindungi hati dari kerusakan yang ditimbulkan oleh racun,” kata Akhmad baru-baru ini.

Akhmad menjelaskan dalam daun beluntas terdapat senyawa myricetin, quercetin, dan kaemferol yang termasuk dalam golongan flavonoid yang dapat berinteraksi dengan reseptor enzim CYP P450. Ditargetkan dari interaksi ini dapat menghambat terbentuknya metabolit toksik misalnya pada metabolit toksik paracetamol.

Penelitian dilakukan selama kurang lebih empat bulan betujuan untuk mengetahui efek hepatoprotektor daun beluntas yang diamati melalui histopatologi hati, SGPT, dan SGOT pada tikus jantan galur Wistar. Selain itu juga diamati interaksi antara senyawa myricetin, kaempferol, dan quercetin dengan reseptor enzim CYP P450 melalui molecular docking sehingga didapatkan Score Docking, RMSD, serta Visualisasi Ikatan Antara Protein Enzim CYP2E1 dengan ketiga ligand aktif tersebut. Adapun untuk menguji kandungan senyawa quersetin dalam ekstrak daun beluntas melalui uji Kromatografi Lapis Tipis ( KLT).

“Hasilnya menunjukkan daun beluntas dapat mencegah timbulnya kerusakan hati pada hewan coba,” terangnya.

Akhmad mengatakan, hasil penelitian ini dapat memebrikan informasi kepada masyarakat tentang manfaat daun beluntas bagi kesehatan, terutama dalam memberikan perlindungan terhadap kerusakan hati. Daun beluntas dapat menjadi alternatif dalam upaya mencegah kerusakan hati akibat racun dalam tubuh. (ugm/red)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.