Senin, 29 April 24

Daftarkan HKI, Amankan Inovasi Perdagangan Berkelanjutan

Daftarkan HKI, Amankan Inovasi Perdagangan Berkelanjutan
* Ilustrasi hak kekayaan intelektual (HKI).(Foto: elements.envato.com)

Obsessionnews.com – Dalam dunia perdagangan global yang dinamis, hubungan antara perdagangan berkelanjutan dan hak kekayaan intelektual (HKI) menjadi kekuatan pendorong inovasi. Bisnis di seluruh dunia berhadapan dengan kerugian besar akibat pencurian kekayaan intelektual. Hal tersebut diungkapkan oleh Organisasi Kekayaan Intelektual Dunia (WIPO), yang menunjukkan peningkatan terus-menerus dalam aplikasi HKI global.

Menurut Founding Kartini Djohan Consulting Josephine Natawiria, di pasar global yang kompetitif saat ini ide yang tidak dilindungi adalah peluang yang terabaikan. Oleh karena itu bagi para pebisnis ide dan inovasi harus dilindungi untuk mendukung perdagangan yang berkelanjutan.

Inisiatif ini selaras dengan implementasi tahun 2020 dari Sistem Otomatisasi Kepabeanan, atau yang dikenal sebagai Sistem Intellectual Property Rights Border Measure System. Terobosan ini mengintegrasikan Bea Cukai, Mahkamah Agung, Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual, dan Pengadilan Niaga. Tujuannya adalah untuk menyederhanakan dan mempercepat pengawasan hak kekayaan intelektual dengan meminimalkan proses birokratis di berbagai Kementerian atau Institusi.

Pemilik HKI sekarang dapat mendaftarkan hak cipta dan merek mereka dengan lebih mudah, sesuai dengan pedoman dalam Peraturan Presiden Nomor 20 tahun 2017. Sistem Otomatisasi Kepabeanan memfasilitasi komunikasi langsung dari Bea Cukai ke pemilik merek atau hak kekayaan intelektual, memungkinkan mereka untuk meminta penangguhan sementara, sesuai dengan Peraturan Mahkamah Agung Nomor 6 tahun 2019 berdasarkan pemberitahuan yang diterima.

Untuk mengatasi kekhawatiran ini, Kartini Djohan Consulting muncul sebagai harapan bagi para pemilik bisnis yang berkeinginan untuk memperkuat inovasi mereka. Kartini Djohan Consulting menjadi perintis solusi inovatif untuk perlindungan hak kekayaan intelektual, memberikan kekuatan untuk mengarahkan pasar global agar semakin berkembang. (Arfi)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.