Kamis, 2 Mei 24

Cegah Perut Buncit dengan Konsumsi Makanan Ini

Cegah Perut Buncit dengan Konsumsi Makanan Ini
* Perut buncit. (Foto: harapanrakyat.com)

Jakarta, Obsessionnews.com – Memiliki perut buncit bisa mengurangi kepercayaan diri. Tak hanya itu, memiliki perut buncit ternyata bisa juga jadi akar dari segala masalah kesehatan.

Apa saja masalah kesehatan yang bisa muncul akibat perut buncit? Simak ulasannya seputar perut buncit di bawah ini.

Di dalam tubuh terdapat dua jenis lemak, yakni lemak viseral adanya di dalam rongga perut dan lemak subkutan berada di balik kulit. Seseorang bisa memiliki perut buncit karena terjadi tumpukan jenis lemak viseral yang berlebihan.

Lemak ini membungkus organ-organ di dalam rongga perut seperti pankreas, hati, dan usus. Menumpuknya lemak viseral ini bisa dipengaruhi oleh banyak faktor.

Mulai dari berat badan yang berlebih, kurangnya bergerak, kurang tidur, mengalami stres, kebiasaan makan yang buruk terutama sering makan makanan tinggi gula dan lemak trans, kondisi genetik, dan juga kondisi penuaan.

Bahayanya lemak ini berbeda dengan lemak subkutan di balik kulit. Lemak viseral dapat memengaruhi fungsi hormon dalam tubuh. Itu mengapa, lemak viseral ini memiliki dampak yang lebih berbahaya bagi kesehatan.

Perut buncit mudahnya dapat diukur dari lingkar pinggang. Kalau lingkar pinggang sudah lebih dari 88 cm bagi perempuan, dan 102 cm bagi laki-laki, maka Anda perlu berhati-hati.

Kalau mau hidup enak sebaiknya jauhi perut buncit ini. Semakin tingginya lemak viseral dalam perut atau semakin besarnya lingkar pinggang, maka anda kian berisiko untuk mengalami berbagai penyakit kronis tertentu. Seperti, serangan jantung dan stoke, diabetes tahap 2, tekanan darah tinggi, dan kanker.

Namun, di bulan Ramadhan ini, kesempatan bagi anda untuk mengatur pola makan yang sehat dan mengonsumsi buah-buahan pengusir perut buncit.

Berikut lima buah menyehatkan yang bisa sesering mungkin kamu konsumsi di bulan Ramadhan ini.

1. Kurma

Kurma menjadi buah wajib dikonsumsi saat berbuka. Kurma kaya akan vitamin, mineral, energi, gula dan serat. Saat sahur, kurma juga sangat baik dikonsumsi untuk membantumu kenyang lebih lama.

2. Pisang

Pisang kaya akan potasium, protein dan serat diet, pisang sangat baik untuk menjaga kadar cairan dalam tubuh dan mengatur gerakan nutrisi serta produk buangan masuk dan keluar sel tubuh. Pisang juga sumber sehat untuk energi, menurunkan kadar stres, meningkatkan mood dan juga bisa menghilangkan rasa mulas.

3. Pepaya

Pepaya sangat menyegarkan, kaya serat, rendah kalori, dan memiliki kandungan gula yang tidak banyak. Pepaya sangat baik untuk rambut dan kulit yang rentan kekurangan nutrisi saat berpuasa.

4. Semangka

Mengonsumsi semangka sangat menyegarkan dan mudah ditemukan di mana saja. Semangka juga merupakan sumber serat dan kaya akan air untuk memenuhi kebutuhan cairan yang sempat hilang saat berpuasa.

5. Mentimun

Rasa haus paling sering dirasakan sangat puasa dan mentimun akan menjadi salah satu buah yang baik untuk dikonsumsi untuk menghilangkan rasa tersebut. Kandungan air dan serat yang banyak juga bisa membantu pencernaan saat berbuka agar mencegahmu dari perut buncit. Mentimun juga bebas kolesterol serta lemak jenuh, kaya akan vitamin K, B6, dan zat besi. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.