Sabtu, 27 April 24

Cegah Koperasi Agar Tidak Bubar!

Cegah Koperasi Agar Tidak Bubar!

Bandung,  Obsessionnews.com – Wakil Wali Kota Bandung Oded M Danial menghadiri acara HUT ke-69 Koperasi tingkat Kota Bandung tahun 2016, di Gedung Sentra Bisnis dan Koperasi (SENBIK), Kamis (11/8/2016). Ia menegaskan, koperasi adalah suatu unit usaha yang berbeda dengan Perbankan karena dari segi prinsip kerja pun sudah sangat berbeda,

“Koperasi dibentuk dari anggota untuk anggota dan yang membedakan dengan perbankan, dengan realitas yang dapat dilihat dan pernah terjadi adalah pada saat krisis moneter Koperasi tetap ada dan banyak yang berhasil. Lain halnya dengan dunia Perbankan,” jelasnya.

Oded  berharap dengan momentum Hari Koperasi ini akan lebih menambah semangat dan motivasi Koperas-koperasi yang sedang membangun.

“Semoga dengan adanya momentum kuat di Hari Koperasi menggelorakan semangat koperasi sebagai tulang punggung masyarakat ekonomi kecil dan pemerintah juga tidak akan berhenti untuk terus melakukan evaluasi, memberikan reward, sebagai bukti pemerintah koncern terhadap penguatan koperasi, melakukan inventerisisasi koperasi serta memberikan berbagai macam diklat dan penguatan akses permodalan sehingga langkah Koperasi dalam berkompetisi dengan dunia swasta akan semakin mantap,” paparnya.

Terkait dengan masih adanya beberapa koperasi yang namanya ada tetapi tidak aktif, Oded mengatakan, sesuai dengan aturan sebaiknya dengan kesadaran dari anggotanya untuk memperbaiki koperasinya.

“Pemerintah memang mempunyai otoritas bisa membubarkan koperasi yang tidak aktif, tetapi sebaiknya kesadaran dari anggotanya harus mempunyai sikap intorpeksi diri, tanamkan rasa jujur dalam bekerja. Itulah kuncinya,” jelasnya.

Menurutnya koperasi-koperasi yang tidak aktif tersebut, mayoritas dikarenakan kurang menanamkan prinsip kebersamaan pada sistem menajemen mereka sehingga aktivitas para anggotanya relatif kurang optimal dalam membangun koperasi tersebut

“Diharapkan untuk koperasi yang tidak berkembang, harus bekerja keras membangunnya kembali, dengan kerjasama dan saling membantu, insya Allah koperasi akan berjalan lancar,” pungkas Oded.

Kepala Dinas Koperasi UKM, Perindustrian & Perdagangan Kota Bandung Eric Mohammad Attahauriq menjelaskan dalam laporannya, pembangunan koperasi tidak terlepas dari dasar untuk mengembangkan perekonomian kota yang mempunyai daya saing dalam menunjang terciptanya lapangan kerja dan pelayanan publik serta meningkatkan peran aktif dari sektor swasta,

“Terhadap amanat tersebut kami telah nyatakan terus menggali serta menggerakan potensi koperasi yang dari tahun 2015 tercatat 2.558 koperasi, yang diantaranya 2.136 berstatus koperasi aktif atau meningkat 2, 34 persen dibandingkan tahun 2014,” jelasnya.

Eric menambahkan, selain itu koperasi berklasifikasi sehat tercatat 517 koperasi di tahun 2015 atau bertambah 21 koperasi sehat dibandingkan tahun 2014,

“Bertambahnya jumlah koperasi menandakan koperasi di kota Bandung khususnya pasti akan maju dan bisa mensejahterakan masyarakat,” ujarnya.

Ditambahkan Eric, sementara itu anggota yang terdata sebanyak 550.940 orang dengan aset mencapai sekitar 13, 2 triliyun dan sisa hasil usaha sekitar 3,2 triliyun,

“Oleh karena itu gerakan koperasi dapat diandalkan dalam menanggulangi kemiskinan, meningkatkan pendapatan masyarakat, dan membantu  pertumbuhan ekonomi kota,” jelasnya.

Dalam memperingati hari koperasi yang ke-69 ini kami mengambil tema “Koperasi Mensejahterakan dan Mencerdaskan Anggota Meuju Bandung Juara”,

“Maksud dari acara ini, sebagai ajang silaturahim sekaligus melakukan evaluasi, pengembangan etos kerja, dan kinerja yang dilakukan dalam 1 tahun terakhir,” ungkapnya.

Eric menambahkan, tujuannya memberikan motivasi terhadap gerakan koperasi dan mensienergikan usaha kecil menengah di berbagai sektor kegiatan ekonomi guna mensejahterakan dan mencerdaskan koperasi menuju koperasi Bandung Juara,

“Dari hal tersebut menghasilkan daya saing yang tinggi guna  mewujudkan koperasi yang berkualitas sehat organisasi, sehat usaha, dan permodalan sekaligus mewujudkan masyarakat khususnya koperasi Kota Bandung yang mandiri dan berkiprah menghadapi tantangan ekonomi global,” pungkasnya.

Dalam acara tersebut, diberikan pula penghargaan terhadap koperasi yang berprestasi diantranya, Koperasi karyawan BJB Syariah, KSU Mitra Saudara (Bank Saudara), Koperasi Pegawai Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Kopkar Shafira Laras Persada, Primkop Kartika Psikologi AD, Primkop Kartika Viyata Virajati Seskoad, Koperasi Pegawai SMAN 4 Bandung, Koperasi Keluarga Besar Dispenda, KSP Sumber Bahagia, Koperasi karya Wanita, KSP Daya Wanita dan Koperasi Dharma Wanita Persatuan Provinsi Jawa Barat “Dewi Sartika”. (Dudy Supriyadi)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.