Sabtu, 27 April 24

Canon PhotoMarathon 2016-Yogyakarta Berlangsung Seru dan Meriah

Canon PhotoMarathon 2016-Yogyakarta Berlangsung Seru dan Meriah
* Canon PhotoMarathon Indonesia 2016 – Yogyakarta diikuti 1.857 peserta.

Yogyakarta, Obsessionnews.com – Kompetisi fotografi paling akbar se-Indonesia dan Asia, Canon PhotoMarathon Indonesia, kembali digelar di Yogyakarta. Tahun ini merupakan kali keenam ajang ini hadir di kota pelajar Yogyakarta. Bertempat di Hartono Mall, sebanyak 1.857 peserta dari berbagai kalangan dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Jawa Tengah, Jawa Timur, hingga Sumatera membaur memeriahkan Canon PhotoMarathon Indonesia 2016. Mereka berlomba untuk mendapatkan total hadiah ratusan juta rupiah serta hadiah utama yaitu tiket perjalanan klinik foto ke Jepang.

Secara istimewa, ajang bergengsi ini dibuka langsung oleh Wakil Gubernur DIY, Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Aryo (KGPAA) Paku Alam X didampingi Merry Harun, Canon Division Director pt. Datascrip beserta dewan juri dan pembicara seminar fotografi di Hartono Mall, Minggu (30/10/2016).

Wakil Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Aryo (KGPAA) Paku Alam X, didampingi Merry Harun, Canon Division Director pt. Datascrip, membuka Canon PhotoMarathon Indonesia 2016 di Hartono Mall, Minggu (30/10/2016).
Wakil Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Aryo (KGPAA) Paku Alam X, didampingi Merry Harun, Canon Division Director pt. Datascrip, membuka Canon PhotoMarathon Indonesia 2016 di Hartono Mall, Minggu (30/10/2016).

Meski acara berlangsung hingga malam hari, antusias peserta tidak menurun dari awal hingga akhir acara. Setelah dibuka dan dibacakan tata aturan lomba, para peserta ditantang untuk mendapatkan hasil bidikan terbaik dengan tema pertama, yaitu “Bhineka Tunggal Ika”. Kemudian disusul tantangan tema kedua, yaitu “Generasi Penerus”, hingga yang terakhir tema ketiga, yaitu “Senja di Yogyakarta. Di masing-masing tema, para peserta diberi batasan waktu untuk berburu foto dan mengunggah hasil foto terbaik mereka untuk dilombakan.

Foto-foto para peserta yang dihasilkan dari keterampilan dan kreativitas spontan tersebut pun kemudian diseleksi oleh para juri, yang tediri dari Budi Prast (fotografer profesional dan pewarta foto), Misbachul Munir (fotografer profesional dan instruktur fotografi), Ray Bachtiar (fotografer profesional), Sutomo (fotografer profesional dan pewarta foto), Yadi Yasin (fotografer), dan Holy Simon (Kepala Tim Kreatif pt. Datascrip).

Selain kategori umum, Canon PhotoMarathon Indonesia 2016 ini juga membuka kategori pelajar.

“Adanya kategori pelajar ini sejalan dengan misi Canon dalam mengembangkan minat dan keterampilan fotografi masyarakat, termasuk memupuk para fotografer muda. Kategori lomba ini dikhususkan bagi para pelajar SD atau yang sederajat hingga SMA atau yang sederajat,” ujar Sintra Wong, Division Manager of Canon Image Communication Product Div. pt. Datascrip dalam siaran pers yang diterima Obsessionnews.com, Senin (31/10).

Tidak hanya pengguna kamera Canon, pengguna kamera merek lain juga bisa ikut ambil bagian. Peserta dari berbagai profesi baik yang muda maupun yang berusia lanjut, laki-laki maupun wanita, semua berkumpul memeriahkan Canon PhotoMarathon Indonesia 2016 di Yogyakarta.

“Selain lomba foto, ajang ini juga menjadi sarana silaturahmi dan bertukar informasi antar para fotografer dari berbagai daerah. Peserta juga bisa menggali ilmu di sesi seminar yang dibawakan langsung oleh Yulianus Ladung, fotografer profesional yang terkenal dengan keahlian fotografi industrialnya,” Merry Harun,  Canon Division Director pt. Datascrip.

Keceriaan acara semakin terasa dengan adanya permainan dan kuis berhadiah menarik sepanjang acara sehingga aktivitas dari siang hingga malam hari tidak membuat bosan para peserta.

Di antara ribuan peserta tersebut terlihat sosok artis dan penyanyi muda Adila Fitri yang ternyata turut berpartisipasi dalam acara lomba ini. Hal ini menunjukkan Canon PhotoMarathon Indonesia tidak hanya menarik untuk kalangan fotografer profesional, namun juga untuk pemula, karena di ajang ini juga peserta bisa menambah wawasan, kenalan bahkan bersenang-senang sambil berswafoto bersama. Para peserta terlihat semakin bersemangat ketika Adila Fitri didaulat untuk naik ke atas panggung dan melantunkan lagu-lagu hitnya.

caption_3
Merry Harun, Direktur Divisi Canon pt. Datascrip (tengah) berfoto bersama dengan Dewan Juri dan Para Pemenang Canon PhotoMarathon Indonesia 2016 – Yogyakarta di Hartono Mall, Minggu (30/10/2016).

Acara kemudian berakhir dengan pengumuman pemenang dan prosesi penyerahan hadiah yang ditunggu-tunggu. Juara Umum Canon PhotoMarathon Indonesia 2016 – Yogyakarta dimenangkan oleh Nursanto. Ia berhak membawa pulang Kamera DSLR Canon EOS 750D dan lensa Canon EF-S 18-55mm, serta mengikuti Trip Photo Clinic ke Jepang bersama dengan juara umum dari Surabaya dan Jakarta mewakili Indonesia untuk kemudian dikumpulkan dengan juara utama dari negara-negara penyelenggara Canon PhotoMarathon Asia 2016 lainnya.

Setelah Yogyakarta, Canon PhotoMarathon Indonesia akan berlanjut di Jakarta, 12 November 2016. Bagi para pecinta foto yang ingin mengikuti ajang fotografi bergengsi ini di Jakarta bisa langsung mengunjungi www.photomarathon.canon-asia.com. (arh)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.