Kamis, 30 Juni 22

Busrul Iman Ingin Wujudkan Visi Bank Jatim Jadi BUMD Nomor Satu di Indonesia

Busrul Iman Ingin Wujudkan Visi Bank Jatim Jadi BUMD Nomor Satu di Indonesia
* Direktur Utama PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk (Bank Jatim) Busrul Iman. (Foto: Dok Pribadi)

Jakarta, obsessionnews.comTak heran kalau Bank Jatim saat ini mampu memperlihatkan kinerja yang moncer. Pasalnya, bank yang sahamnya didominasi Pemprov Jawa Timur (Tatim) ini dipimpin seorang bankir yang mumpuni.

Busrul Iman, pria yang telah menghabiskan karir 32 tahun di sektor perbankan ini telah membawa PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur tbk (Bank Jatim) berjaya dengan achievement luar biasa. Ia bertekad mewujudkan visi Bank Jatim menjadi BUMD nomor satu di Indonesia.

Pengalaman dan kepiawaiannya sebagai bankir menjadikannya mampu menorehkan sejumlah keberhasilan bagi Bank Jatim. Terbukti di posisi akhir 2021 seluruh variabel indikasi keuangan mengalami peningkatan. Mulai dari asset, dana pihak ketiga, pinjaman, NII (Net Interest Income), dan net profit mengalami pertumbuhan positif. Bahkan, lanjut penyuka musik rock ini, pada tahun kemarin untuk pertama kalinya aset Bank Jatim tembus 100 triliun.

“Suatu pencapaian yang patut kami syukuri. Kami berterima kasih kepada para nasabah dan seluruh stakeholder, dan pekerja yang ada,” ujar Busrul dikutip dari majalah Men’s Obsession, edisi CEO Pilihan 2022, Jumat (18/3/2022).

Tak hanya itu, di masa pandemi Covid-19 kemarin, Bank Jatim justru berkibar. “Alhamdulillah, di masa pandemi angka kami tetap tumbuh lebih baik dibandingkan sebelum pandemi. Bahkan market share kami di Jawa Timur juga mengalami peningkatan, termasuk di dalamnyapertumbuhan kami juga di atas rata-rata industri perbankan yang ada di Jawa Timur,” urainya lagi.

Pencapaian itu diakui Busrul tak lepas dari tantangan yang ada sehingga memacunya untuk meraih prestasi. Ia memberi contoh ketika tekanan pandemi Covid 19 terjadi, semua sektor bisnis terkena dampaknya.

“Dari situasi yang tertekan ini justru kita mencoba memandangnya secara positif bahwa di tengah kesulitan, di tengah tantangan yang ada selalu ada peluang untuk itu. Nah, peluang apa yang kami dapat? Pertama adalah berkaitan dengan sistem pembayaran berbasis digital. Di masa era pandemi, ketika berlaku social distancing, maka transaksi berbasis digital mengalami peningkatan. Untuk itu kami me-launching JConnect di tahun kemarin sebagai branding digital banking, yang mencerminkan tranformasi digital Bank Jatim dengan semangat menghubungkan semua kemudahan akan akses layanan perbankan,” bebernya.

Terbukti transaksi perbankan secara digital di jaringan kantor Bank Jatim terus meningkat. Prestasi lain Bank Jatim di bawah kepemimpinan Busrul adalah peringkatpertama dalam perolehan tabungan Simpeda, yang lebih besar dibanding BPD lain di seluruh Indonesia.

Memang sejak per Oktober 2021, Bank Jatim tercatat memiliki 2,24juta rekening Simpeda dengan total nominal Rp14,75 triliun. Pencapaian ini menempatkan Bank Jatim di posisi pertama dalam perolehan tabungan Simpeda di antara BPD lain di seluruh Indonesia.

“Dalam meningkatkan Simpeda ini peran dari JConnect Mobile Banking yang kami bangun itu cukup signifikan dalam mengembangkan tabungan Simpeda ini,” akunya.

Halaman selanjutnya

Pages: 1 2

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.