Sabtu, 27 April 24

Bupati Subang: Tingkatkan Pencapaian Kinerja Aparatur

Bupati Subang: Tingkatkan Pencapaian Kinerja Aparatur

Subang – Dengan bertambahnya jumlah pegawai negeri sipil (PNS), seyogyanya bisa meningkatkan pencapaian kinerja aparatur. “Jangan sebaliknya malah terjadi menurun kinerja,” ujar Bupati Subang, Ojang Sohandi pada sambutan apel pengambilan sumpah jabatan PNS di halaman Kantor Bupati Subang, Jawa Barat, Senin (19/1/2015). Hadir dalam acara itu Wakil Bupati Subang Imas Aryumningsih, pejabat Setda Kabupaten Subang, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD), serta pejabat lingkungan Pemkab Subang.

Pemkab Subang pada akhir Januari 2015 akan menyelenggarakan rapat dinas yang dihadiri oleh pejabat eselon 2 sampai eselon 4 untuk merumuskan kinerja tahun 2015. Pada Desember 2015 akan dilaksanakan evaluasi, selanjutnya akan diberikan reward dan punishment.
Setelah dilantik seharusnya mampu menghidupkan organisasi tempat bekerja. “Usai diambil sumpah bukan numpang hidup diorganisasi, melainkan kita harus berusaha menghidupkan organisasi,” kata Ojang.

Ojang menyampaikan tentang pentingnya menjaga informasi kedinasan. Sebagai aparatur pemerintah sudah selayakanya bisa membedakan antara informasi yang harus dirahasiakan dan bisa dibuka. Sekarang telah dibentuk Pejabat Pembuat Informasi dan Dokumentasi (PPID) dalam mengatur informasi dengan baik.

“Bukan berarti kita tidak boleh memberikan informasi, tetapi harus bisa membedakan mana informasi yang bisa diberikan dan mana yang harus dirahasiakan,” ujar Bupati Subang.

Pada kesempatan ini diambil sumpah jabatan sebanyak 1.311 orang PNS yang diangkat dari tahun penerimaan 2009 atau kategori I.

Bupati Subang mengatakan, kunci kesuksesan kita adalah sumber daya manusia (SDM). Inti kekuatan SDM adalah kekompakan. Sebagai PNS harus bisa mengambil kearifan daerah seperti peribasa orang tua yang berbunyi: Miyuni budak kampung bau lisung, cicingna dina bibit leuwi, imahna batu satangtung dihateupan ku handeuleum ditiungan ku hanjuang. Maksudnya, sosok yang sederhana namun memiliki kesiapan dalam melaksanakan tugas yang menjadi tanggung jawabnya.

Dalam acara itu disampaikan juga berbagai penghargaan kepada dinas yang berprestasi. (Teddy Widara)

Related posts