Sabtu, 27 April 24

Bridgestone Luncurkan Kebijakan Baru untuk Para Pemasok dan Rekanan

Bridgestone Luncurkan Kebijakan Baru untuk Para Pemasok dan Rekanan

Tingkatkan Standar dalam Proses Pengadaan Berkelanjutan

 

Persyaratan minimum memperkuat pedoman yang telah ada untuk Menghormati Hak Asasi Manusia, Standar Lingkungan Hidup dan Kualitas Produk termasuk menyertakan persyaratan tambahan untuk Konservasi dan Hak Tanah, Penelusuran Asal Mula (Point of Origin Traceability) dan Resiliensi

 

TOKYO, Jepang (6 Februari 2018) ― Bridgestone Corporation (Bridgestone), perusahaan karet dan ban terbesar di dunia, hari ini mengumumkan Kebijakan Pengadaan Berkelanjutan Global (Global Sustainable Procurement Policy) untuk membantu mengidentifikasi dan mengevaluasi pemasok terkualifikasi, mempromosikan praktek terbaik, dan berperan sebagai alat komunikasi dan pengembangan di industri ini.

Kebijakan ini menggambarkan komitmen perusahaan terhadap perencanaan pengadaan yang mendorong terwujudnya keuntungan bagi lingkungan, sosial dan ekonomi jangka panjang. Kebijakan ini berlaku terhadap semua produk dan jasa yang digunakan, termasuk untuk seluruh pemasok global.

“Kebijakan baru kami adalah langkah penting dalam mewujudkan komitmen tanggung jawab sosial perusahaan global Bridgestone Group, “Our Way to Serve,” yang menyediakan kerangka kerja mengenai bagaimana kami berbisnis, mengembangkan produk, dan berinteraksi terhadap konsumen dan komunitas,” ujar Masaaki Tsuya,CEO dan Representative Executive Officer, Bridgestone Corporation.

“Kami menyadari kemampuan dan tanggung jawab kami untuk mendorong perubahan dan peningkatan cara industri berinteraksi dengan lingkungan dan komunitas di seluruh dunia. Kami berharap, pemasok dan rekanan kami dapat bekerja bersama untuk mencapai rantai pasokan yang berkelanjutan, usaha yang tak pernah usai dan membutuhkan kolaborasi dengan seluruh pemain di industri ini, termasuk berkomunikasi dengan berbagai khalayak dalam rangka menciptakan kepedulian masyakarat secara luas.”

Dipandu oleh “Our Way to Serve” milik Bridgestone, kebijakan baru ini sejalan dengan tujuan Bridgestone untuk menggunakan “100% sustainable materials*” di produk-produknya sebagai visi jangka panjang tahun 2050 dan selanjutnya. Kebijakan ini mengombinasikan panduan perusahaan sebelumnya menjadi satu dokumen yang menetapkan persyaratan minimum untuk melakukan bisnis dengan Bridgestone, serta proses pilihan yang dapat berkontribusi lebih cepat untuk merealisasikan rantai pasokan berkelanjutan.

Sebagai pengguna karet alam dalam jumlah besar, kebijakan ini menggambarkan harapan Bridgestone terhadap masalah kritis dalam rantai pasokan karet alam global yang kompleks. Lebih jelasnya, dokumen ini berisi empat area fokus utama, yaitu:

  • Transparansi – termasuk penelusuran dan tata kelola yang baik;
  • Kepatuhan – mematuhi hukum dan peraturan di negara dan wilayah di mana Bridgestone melakukan bisnis;
  • Kualitas, Harga dan Pengiriman & Inovasi – memastikan material dan layanan berkualitas tinggi dikirimkan tepat waktu dan dengan biaya yang wajar, termasuk mengupayakan teknologi inovatif yang mendukung peningkatan di seluruh komunitas global;
  • Proses Pengadaan Berkelanjutan – menggabungkan pengadaan yang berwawasan lingkungan, seperti kepatuhan terhadap undang-undang dan peraturan lingkungan hidup, penghormatan terhadap hak asasi manusia, penggunaan air, penggunaan lahan dan konservasi, kesehatan, keselamatan, pencegahan bencana dan resiliensi.

 

Selama pengembangan kebijakan final tersebut, Bridgestone mendapatkan masukan dari pemangku kepentingan eksternal, termasuk konsultan internasional, organisasi non-pemerintah (LSM), pemasok material, petani karet alam, dan pelanggan utama untuk memastikan kebijakan ini menyeluruh, mencerminkan standar industri dan pelaksanaan terbaik, dan didukung oleh rencana implementasi dan komunikasi yang efektif.

Tersedia dalam 12 bahasa, kebijakan tersebut akan dilaksanakan, diatur dan diberlakukan secara regional. Sebagai langkah awal segera, Bridgestone akan memprioritaskan untuk bekerja sama dengan para karyawan, pemasok dan pelanggan serta pakar industri lainnya untuk menerapkan kebijakan ini. Dalam 18 bulan mendatang, Bridgestone akan bekerja sama dengan pemasok dan rekanannya untuk memastikan bahwa mereka telah menerima kebijakan tersebut dan mengerti.

Setelah mengerti akan kebijakan tersebut, pemasok kemudian akan menerima daftar pertanyaan untuk self assessment. Bridgestone saat ini tengah mengembangkan penilaian pemasok tambahan untuk penelusuran karet alam dan akan bekerja untuk bermitra dengan industri dan pakar terkualifikasi lainnya untuk membantu mendukung pemantauan selanjutnya dari kepatuhan pemasok.

Bridgestone berkomitmen untuk bekerja dengan pemangku kepentingan eksternal lain, termasuk universitas, asosiasi industri dan LSM, untuk terus meninjau masukan yang akan bermanfaat untuk penyempurnaan dan revisi kebijakan selanjutnya.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai Kebijakan Pengadaan Berkelanjutan Global (Global Sustainable Procurement Policy) dan komitmen CSR Bridgestone:

  • Kunjungi web Pengadaan Berkelanjutan Global Bridgestone untuk detail lebih lanjut dan akses pada kebijakan
  • Kunjungi web spesial “Our Way to Serve”  Bridgestone dan web CSR untuk informasi umum.
  • Baca 2016 Sustainability Report Bridgestone untuk detail lebih lanjut pada aktivitas berkelanjutan.
  • Prestasi terkini yang diraih Bridgestone dalam penghargaan berkelanjutan dan peringkat “Dow Jones Sustainability World Index (DJSI World)”.

*Bridgestone Group mendefinisikan sustainable materials sebagai material yang: “1) berasal dari sumber daya dengan jaminan pasokan terus-menerus, 2) dapat digunakan sebagai bagian dari bisnis kami dalam jangka panjang, dan 3) memiliki dampak lingkungan dan sosial yang rendah selama siklus hidup mulai dari pengadaan hingga pembuangan.” (Ali)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.