Rabu, 20 Oktober 21

BMKG Gelar Kerjasama Penelitian dengan AS

BMKG Gelar Kerjasama Penelitian dengan AS
* Andi dan Dubes AS

Bandung, Obsessionnews – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG)menggelar Kerjasama Penelitian dengan AS. Kerjasama dan workshop IndonesiaPRIMA (Indonesia Program Initiative on Maritime Observation and Analysis) salah satunya dampak positif Elnino diantaranya tumbuhnya klorofil dan panen ikan laut, panen garam.

Demikian ditegaskan Kepala BMKG pusat Andi Eka Sakya Selasa (12/8) saat acara tersebut yang bertem  10 th Annual Indonesia-U.S. Parthership Workshop on Ocean and climate Observations, Analysisi and Applications. Workshop akan digelar hingga 14 Agustus mendatang. Andi meminta masyarakat segera membuat sumur resapan jelang Lanina di musim penghujan nanti.

bmkg2

Terkair Workshop Andi menjelaskan -Workshop sangat membantu perkembangan iklim di indonesia, seperti Elnino dan Lanina,  konsern mengenai laut di tanah air. Beberapa hasilnya nanti  akan diumumkan pada workshop ini, selain itu  ada dua peneliti yang akan sekolah di AS. “Nopember akan melakukan workshop yang ke-2,” ujar Andi.

Kesempatan tersebut juga akan menjadi ajang pembelajaran bagi para peneliti. Pengiriman  peneliti ITB ke AS, Workshop, maintenen Samudera Hindia dan  indonesian desk di AS.  Kerjasama tersebut melibatkan banyak lembaga diantaranya Kemaritiman, BPPT, BMKG dan Kedutaan Besar AS.

bmkg3

“Hasilnya memang belum maksimal, namun sedikit demi sedikit dapat dikumpulkan data tentang Elnino dan Lanina, sehingga bebas mengambil data dari AS baik lautan hindia maupun pasifik. Sementara itu Kementerian Maritim banyak terlihat manfaat dan mendukung utk meningkatkan prediksi iklim BMKG. “Contoh kerjasama yang baik dan komprehensif,” ujar Andi. (Dudy Supriyadi)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.