Selasa, 2 Maret 21

Ini Keputusan Resmi Reshuffle oleh Presiden Jokowi

Ini Keputusan Resmi Reshuffle oleh Presiden Jokowi

Jakarta, Obsessionnews – Presiden Joko Widodo berdasarkan kewenangan konstitusionalnya telah mengambil keputusan merombak susunan Kabinet Kerja masa bakti 2014-2019, Rabu (12/8/2015), di Istana, Jakarta.

Ada 6 (enam) posisi menteri dan pejabat setingkat menteri yang diganti, terdiri dari 4 (empat) nama baru dan 2 (dua) nama yang ditugaskan dalam posisi baru. Perombakan kabinet ini dilakukan dengan pertimbangan urgensi sebagai berikut:

1. Sebagai respon atas dinamika perekonomian global yang berdampak pada keadaan ekonomi di dalam negeri. Pelambatan perekonomian global membutuhkan kecepatan dan kapasitas adaptasi dalam menangani permasalahan yang terjadi demi memperkuat perekonomian nasional serta mempercepat program-program prioritas pembangunan. Untuk itu dibutuhkan tim ekonomi yang kuat, andal dan kredibel.

2. Perombakan kabinet juga sebagai bagian dari langkah perbaikan manajerial pemerintahan, memperkuat sinergi dan koordinasi lintas kementerian. Ini merupakan upaya terus menerus untuk menghadirkan pemerintahan yang lebih profesional dan berwibawa.

3. Perombakan kabinet merupakan kebutuhan untuk konsolidasi pemerintahan agar efektivitas pemerintahan ke depan semakin meningkat.

“Presiden mempertimbangkan semua masukan dari masyarakat, baik yang disampaikan secara langsung kepada Presiden maupun yang diartikulasikan melalui berbagai saluran informasi dan komunikasi publik,” ujar Tim Komunikasi Presiden, Teten Masduki.

Teten mengatakn evaluasi kabinet secara berkala akan terus dilakukan untuk menjawab tantangan dan dinamika pemerintahan yang muncul. Presiden sangat mempertimbangkan aspek kemampuan, pengalaman, dan profesionalitas.

“Presiden berharap perombakan kabinet ini akan membuat pemerintahan bisa berjalan semakin efektif untuk mempercepat realisasi program-program prioritas pembangunan nasional demi meningkatkan kesejahteraan rakyat,” katanya.

Berikut adalah nama-nama menteri dan pejabat setingkat menteri yang dilantik hari ini:

1. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution
2. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli
3. Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Luhut Binsar Panjaitan
4. Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Nasional Sofyan Djalil
5. Menteri Perdagangan Thomas T Lembong
6. Sekretaris Kabinet Pramono Anung Wibowo. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.