Sabtu, 21 Mei 22

Blatter-Platini Dihukum 8 Tahun oleh FIFA

Blatter-Platini Dihukum 8 Tahun oleh FIFA
* Sepp Blatter Tiba di FIFA untuk menghadap Komite Etik FIFA (skysport)

Zurich, Obsessionnews- Komite Etik FIFA memutuskan akan dihukum 8 tahun dilarang aktif dari sepakbola, pada Presiden FIFA non aktif, Joseph Blatter dan Presiden UEFA non aktif, Michel Platini. Keputusan itu dikeluarkan hari ini di markas FIFA, Zurich, Swiss.

Kedua orang paling berkuasa di sepakbola ini dinyatakan bersalah setelah kasus suap sebesar 2 juta franc Swiss, yang dilunasi oleh Blatter pada Platini pada Februari 2011.
Uang itu untuk suatu pekerjaan yang tidak resmi yang diberikan pada Platini sebagai penasehat Blatter pada 1999-2002.

Komite Etik menyatakan Blatter melanggar kode etik FIFA karena menyertakan kepentingan pribadi, dan pemberian gratifikasi, sementara Platini dituduh menyertakan kepentingan pribadi dan melanggar loyalitad pada UEFA-FIFA.

Selain itu Blatter didenda 33.700 poundsterling dan Platini didenda 54 ribu poindsterling.

Juru bicara Blatter mengatakan mereka akan banding terhadap putusan itu dengan maju ke Pengadilan Arbitrase Olahraga Internasional (CAS) di Lausanne, Swiss.

Selain kasus diatas, Pengadilan Swiss dan Pengadilan Amerika Serikat juga menyelidiki kasus penunjukkan penyelenggaraan Piala Dunia 2018 di Rusia serta Piala Dunia 2022 di Qatar.

Sejauh ini Pengadilan AS menahan 27 mantan pejabat FIFA, termasuk 8 anggota Komite Eksekutif FIFA, karena tuduhan suap untuk kasus penjualan hak merek dan siar penyelenggaraan event sepakbola.

12 orang dan 2 bagian pemasaran dari beberapa perusahaan dituduh terlibat. (skysport/baron)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.