Jumat, 22 November 19

BCA Konsisten Dukung Jazz Gunung Bromo

BCA Konsisten Dukung Jazz Gunung Bromo
* Pergelaran Jazz Gunung Bromo 2015 di Gunung Bromo, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur.

Jakarta, Obsessionnews.com  – Indonesia memiliki banyak potensi untuk meraih devisa sebesar-besarnya. Salah satu potensi tersebut adalah sektor pariwisata. Indonesia memiliki beragam kekayaan objek wisata dan kesenian yang tersebar di berbagai daerah dan berhasil menarik perhatian para wisatawan domestik (wisdom) dan wisatawan mancanegara (wisman). Oleh karena itu Indonesia menjadikan pariwisata sebagai salah satu andalan untuk meraup devisa.

Beragam objek wisata dan kesenian Indonesia tersebut gencar dipromosikan di media massa. Salah satu bagian dari kesenian yang aktif dipromosikan adalah musik Jazz Gunung.

Jazz Gunung merupakan bentuk apresiasi terhadap musik jazz etnik Indonesia. Acara yang digelar sejak 2008 ini menampilkan perpaduan musik etnik Indonesia dengan musik modern. Berkat gencarnya promosi, pergelaran musik jazz yang diselenggarakan tiap tahun ini berhasil menarik perhatian para pemusik dan penggemar musik di dalam negeri dan mancanegara.

Penggagas Jazz Gunung Bromo adalah Sigit Pramono, Djaduk Ferianto, dan Butet Kartaredjasa.

Direktur BCA Santoso (tengah) bersama penggagas Jazz Gunung Bromo, yakni Butet Kartaredjasa (kiri) dan Sigit Pramono (kanan).
Direktur BCA Santoso (tengah) bersama penggagas Jazz Gunung Bromo, yakni Butet Kartaredjasa (kiri) dan Sigit Pramono (kanan).

Pemilihan nuansa gunung sebagai tempat penyelenggaraan dipilih untuk memanjakan para penikmat musik jazz dengan pemandangan indah pegunungan disertai alunan musik.

Jazz  Gunung  Bromo kembali akan digelar untuk kedelapan kalinya di Amfiteater Jiwa Jawa Resort Bromo, Desa Wonotoro, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, pada tanggal 19-20 Agustus 2016.

Jazz  Gunung  Bromo kali ini akan menampilkan Ian Scionti Trio (Spanyol), Samba Sunda, Ring  of  Fire  Project  Gt. Bonita dan Richard Hutapea, Ermy Kullit, Shaggy Dog, Nial Djuliarso, Trio Ft. Arief Setiadi, Peni Chandra Rini, The Groove dan Dwiki Dharmawan Project.

Pergelaran Jazz Gunung Bromo 2016  mendapat dukungan dari PT Bank Central Asia Tbk (BCA). Salah satu bank swasta terkemuka di Indonesia ini berkomitmen mendukung pergelaran musik jazz demi mempromosikan potensi industri kreatif Indonesia. Dukungan BCA terhadap kegiatan Jazz Gunung Bromo merupakan implementasi bank ini  dalam menjalankan  Corporate Social Responsibility (CSR), yang masuk dalam program pilar Solusi Sinergi Bakti BCA.

Direktur BCA Santoso mengatakan, BCA tidak ingin dipandang sebagai penggerak mesin ekonomi saja, namun juga ingin dikenal dengan  sebagai bank yang mendukung dunia musik, khususnya bergenre jazz di tanah air.

“Kami tidak mau dipersepsikan sebagai mesin ekonomi saja. Kami besar di  indonesia dan kami juga harus mendukung indonesia, khususnya di sisi pariwisata dan seni musik. Melalui jazz gunung ini kami memberikan support terhadap budaya, dan kami melihat jazz Indonesia sudah mengglobal dengan kekhasannya,” ujar Santoso dalam konferensi pers di Galeri Indonesia Kaya, Jakarta, Kamis (11/8/2016).

Santoso berharap musik etnik Indonesia mendapat tempat di panggung internasional.

“Kami juga ingin jazz gunung ini menjadi satu ciri khas yang kuat dalam mengenal khasanah budaya Indonesia yang bercorak internasional. Atas dasar ini BCA terus memberikan dukungan,” ucapnya.

Dalam kesempatan yang sama salah seorang penggagas  Jazz Gunung Bromo, Sigit Pramono, mengungkapkan, ia yakin pada tahun ini  Jazz Gunung  Bromo menampilkan suguhan yang lebih menarik. Juga semakin membuat nyaman penonton.

“Jazz Gunung ini terus berkembang dan dikenal di negara lain. Bahkan pemain jazz dari Perancis ingin tampil di Jazz gunung,” kata mantan Direktur Utama BNI ini.

Menurut Sigit, dari tahun ke tahun jazz gunung terus menarik banyak pengunjung. Meskipun begitu dia tetap membatasi kuota penonton, yakni 2.000 orang.

Sementara itu Butet Kartaredjasa mengatakan, ia senang sekali karena BCA dan pihak lainnya konsisten mendukung Jazz  Gunung  Bromo, sehingga acara ini selalu hadir setiap tahunnya.

“Pokoknya suasana di sana asyik. Semua bisa mengenal Indonesia melalui jazz gunung ini,” cetusnya.

Jazz Gunung bermisi untuk meningkatkan perekonomian dan kepariwisataan Indonesia, khususnya bagi masyarakat di daerah Bromo, selaras dengan visi BCA sebagai bank pilihan utama andalan masyarakat.

Selain mendukung kesenian Indonesia, dukungan BCA terhadap Jazz Gunung merupakan bentuk dukungan bank ini terhadap pariwisata Indonesia.

BCA merupakan salah satu bank terkemuka di Indonesia yang fokus pada bisnis perbankan transaksi, serta menyediakan fasilitas kredit dan solusi keuangan bagi segmen korporasi, komersial & UKM dan konsumer. Pada akhir Juni 2016, BCA memfasilitasi layanan transaksi perbankan kepada 14,8 juta rekening nasabah melalui 1.201 cabang, 16.974 ATM dan ratusan ribu EDC dengan dilengkapi layanan internet banking dan mobile banking. (@arif_rhakim)

 

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.