Kamis, 26 Mei 22

Bangun SDM, Donggala Butuh Perguruan Tinggi Islam

Bangun SDM, Donggala Butuh Perguruan Tinggi Islam
* IAIN Palu.

Palu, Obsessionnews.com – Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah, dinilai membutuhkan perguruan tinggi Islam untuk membangun sumber daya manusia. Hal itu dikemukakan Wakil Bupati Donggala, Vera Elena Laruni, saat bersilaturahim ke Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu, Selasa (19/7/2016).

“Donggala sangat membutuhkan hadirnya pendidikan Islam untuk membina mental masyarakat khususnya generasi muda, serta membangun sumber daya manusia berlandaskan nilai-nilai religius,” ungkap Vera E.

Vera mengungkapkan, sebagian generasi muda Donggala saat ini kurang diikutsertakan dalam pembinaan nilai-nilai keagamaan atau pendidikan Islam. Padahal pembinaan itu penting untuk membentuk pengetahuan dan mental karakter generasi muda.

“Akibatnya, pengetahuan masyarakat atau generasi muda kurang mengetahui dan memahami nilai-nilai keagamaan dalam kehidupan sosial, serta bekal melindungi dirinya agar terhindar dari hal-hal negatif,” ujarnya.

Oleh sebab itu Vera berharap perguruan tinggi Islam hadir di Donggala untuk memberikan peranannya dalam membantu pemerintah membentuk sumber daya manusia di daerah tersebut agar tidak tertinggal.

Kalaupun tidak dapat membangun perguruan tinggi, sambung Vera, minimal dapat bekerja sama dengan perguruan tinggi Islam seperti IAIN untuk melakukan pembinaan dengan menanamkan nilai-nilai keagamaan kepada masyarakat.

“Saya kira tidak menjadi masalah jika kita membiayai atau bekerja sama dengan perguruan tinggi untuk membina masyarakat, agar masyarakat tidak buta dalam hal agama,” jelas Vera.

Selain membutuhkan perguruan tinggi Islam, Vera menyebutkan bahwa Donggala juga membutuhkan keberadaan guru agama untuk mengajar di sekolah-sekolah Ibtidaiyah Alklhairaat, Madrasyah Tsanawiyah Alkhairaat, serta Aliyah Alkhairaat.

Sementara itu, menanggapi harapan Vera, Rektor IAIN Palu, Prof Dr H Zainal Abidin M.Ag menyatakan IAIN sebagai institusi pemerintah prinsipnya selalu membantu pemerintah untuk turut serta mewujudkan sumber daya manusia dan mental yang baik.

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Palu itu menyebut membina masyarakat dan mencerdaskan kehidupan bangsa menjadi salah kewajiban perguruan tinggi Islam terbesar di Sulawesi Tengah itu.

“IAIN sebagai perguruan tinggi milik pemerintah, tentu membantu pemerintah. Di Donggala, IAIN telah menjadikan beberapa desa di kabupaten tersebut sebagai desa binaan, yang selalu diperhatikan,” jelasnya. (Fath @imam_fath)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.