Sabtu, 31 Oktober 20

Awas! Bahaya Ngecas HP di Tempat Umum

Awas! Bahaya Ngecas HP di Tempat Umum
* Penjahat siber bisa menginfeksi kabel USB di tempat pengecasan umum dengan memasukkan program-program berbahaya. (BBC)

Amankah saat kita mengecas telepon kita di tempat pengecasan umum?

Kehabisan batere telepon (HP) adalah ketakutan terbesar manusia di jaman digital begini. Maka ketersediaan stasiun pengecasan di tempat umum sering dianggap penyelamat.

Para ahli keamanan siber memperingatkan bahwa mencolokkan telepon ke kabel USB umum membuat telepon kita rentan terhadap serangan peretas.

Serangan ini dikenal dengan sebutan ‘juice jacking’ di mana pelaku kejahatan menggunakan stasiun pengecasan, yang berfungsi sekaligus sebagai koneksi data, untuk memasang program berbahaya di telepon pintar atau komputer laptop.

Mereka bisa menyalin data sensitif dari gawai. Dan semua terjadi saat pengecasan dilakukan dan pemiliknya sama sekali tak curiga.

Peretas bisa meninggalkan kabel di tempat umum sebagai umpan bagi calon korban mereka. (BBC)

 

Proses sederhana
Kekhawatiran ini sudah ada sejak beberapa tahun terakhir. Tahun 2011 istilah juice jacking ini mulai diperkenalkan, dan tahun 2016 Biro Penyelidik Federal Amerika (FBI) mengeluarkan peringatan akan hal ini.

Masalah ini menjadi perhatian lagi bulan November 2019 ketika Kantor Kejaksaan Los Angeles memperingatkan agar “hindari penggunaan kabel USB di stasiun pengecasan umum”.

Ahli keamanan siber menyatakan bahwa perangkat yang dibutuhkan untuk membajak kabel USB dengan kode-kode yang merugikan mudah dipergunakan dan banyak tersedia.

Dalam sebuah laporan tahun 2018, konsultan teknologi Amerika OODA mengatakan “juice jacking adalah salah satu ancaman keamanan yang paling dianggap remeh”.

“Banyak pengguna dengan polos memasang malware ke dalam telepon pintar mereka,” kata mereka.

Peretas juga dengan pintar memanfaatkan fakta bahwa banyak orang yang tak membawa kabel pengecas.

Maka mereka bisa meninggalkan satu kabel sisa yang sudah dipasangi malware di stasiun pengecasan sebagai umpan.

Masalah global
Selama ini komputer meja dan laptop menjadi sasaran utama peretasan, tapi belakangan telepon pintar mulai jadi sasaran.

Firma keamanan siber Kaspersky Labs mengatakan jumlah segala jenis serangan malware terhadap telepon pintar di seluruh dunia mencapai 116,5 juta, melonjak jauh dari 66,4 juta yang tercatat di tahun 2017.

Menurut data Kaspersky, pengguna di Asia, Timur Tengah dan Afrika lebih mungkin terkena serangan ini. Di Pakistan misalnya, 37,5% pengguna Kaspersky diserang oleh malware dalam kuartal pertama tahun 2019.

“Kondom USB” ini adalah alat kecil yang memblokir perpindahan data melalui kabel sementara tetap membuat kita bisa mengecas dengan aman. (BBC)

 

Lindungi telepon genggam dengan ‘kondom’ USB
Kabar baiknya, perlindungan terhadap juice jacking relatif mudah. Prinsipnya utamanya: cas telepon langsung ke stop kontak, jangan ke kabel USB umum.

Beberapa cara lain:
• Pastikan baterai penuh sebelum berangkat dari rumah
• Bawalah baterai portabel untuk kondisi darurat
• Beli ‘kondom USB’, alat yang bisa dihubungkan ke kabel USB untuk mencegah perpindahan data

Sekalipun upaya juice jacking meningkat, tapi itu bukan cara paling umum yang dipakai peretas. Cara yang lebih sederhana adalah dengan menggunakan aplikasi atau app.

App yang mencurigakan umumnya ditemukan di kedai aplikasi lain, dan tidak ditemukan di toko kedai Apple atau Google.

Ancaman lain adalah “malvertising” yaitu ketika program jahat dimasukkan ke dalam jaringan iklan dan perangkat terinfeksi sesudah pengguna mengeklik iklan yang mencurigakan.

Kemudian, ada juga tipuan melalui laman web yang jahat atau tautan yang diterima lewat SMS.

Dalam musim liburan seperti ini dan perjalanan meningkat, Komisi Komunikasi Federal Amerika (FCC) mengeluarkan peringatan: “waspada ketika mengecas perangkat elektronik Anda di kabel USB di stasiun pengecasan yang tersedia di bandara, hotel dan lokasi-lokasi perjalanan lainnya.” (*/BBC)

Sumber: BBC Magazine

Stop kontak konvensional tetap menjadi cara paling aman untuk mengisi ulang baterai di tempat-tempat umum. (BBC)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.