Jumat, 3 Mei 24

Arab Saudi Gabung Kompetisi Eropa, Kembali ke Liga Champions?

Arab Saudi Gabung Kompetisi Eropa, Kembali ke Liga Champions?
* Cristiano Ronaldo dan Aleksander Ceferin. (Getty/Goal)

Harapan Cristiano Ronaldo untuk kembali ke Liga Champions bersama klub Arab Saudi, Al-Nassr, akhirnya mendapat jawaban dari UEFA.

Namun, klub Arab Saudi tidak bisa gabung UCL. Karena UEFA hanya mengizinkan klub anggotanya. Presiden UEFA juga membantah akan ada final di Amerika Serikat (AS).

Presiden UEFA Aleksander Ceferin secara definitif mengesampingkan prospek tim Arab Saudi bermain di Liga Champions, menampik laporan media sebelumnya yang menyatakan ada kemungkinan tim Al-Nassr asuhan Ronaldo atau tim Liga Pro Saudi lainnya bisa mendapatkan tiket wildcard ke kompetisi elite Eropa tersebut.

Chief Operating Officer SPL Carlo Nohra sebelumnya makin mencerahkan prospek tim Saudi berlaga di Liga Champions dengan menyatakan,“Kami berusaha menjadi berbeda. Jadi perubahan atau peningkatan apa pun yang dapat dilakukan di liga akan disambut baik.”

“Sebuah media membicarakan hal ini bahkan tanpa bertanya kepada kami,” kata Ceferin kepada L’Equipe. “Hanya klub-klub Eropa yang dapat berpartisipasi di Liga Champions, Liga Europa, dan Liga Konferensi.”

Sang presiden UEFA juga mengatakan tidak ada peluang final Liga Champions dimainkan di AS. “Hanya federasi Eropa yang bisa mengajukan permohonan [untuk menjadi tuan rumah] final, bahkan klub pun tidak. Kami harus mengubah semua peraturan kami, dan kami tidak menginginkan hal itu,” tambahnya.

Ceferin mengatakan dia tidak khawatir sepak bola Arab Saudi bisa menggusur popularitas sepak bola Eropa, dengan adanya bintang-bintang terkenal seperti Ronaldo, Neymar, Ruben Neves, Sadio Mane dan N’Golo Kante, antara lain, pindah ke negara Teluk tersebut tahun ini.

“Itu bukan ancaman, kami melihat pendekatan serupa di Tiongkok, yang membeli pemain di akhir karier mereka dengan menawarkan banyak uang,” tambah Ceferin. “Sepak bola Tiongkok tidak berkembang dan tidak lolos ke Piala Dunia setelahnya.”

“Ada pemain di akhir kariernya dan ada pula yang tidak cukup ambisius untuk bercita-cita ke kompetisi tertinggi. Sejauh yang saya tahu, [Kylian] Mbappe dan [Erling] Haaland tidak memimpikan Arab Saudi.”

“Saya tidak percaya bahwa pemain terbaik di puncak karier mereka akan pergi ke Arab Saudi. Ketika orang berbicara kepada saya tentang pemain yang pergi ke sana, tidak ada yang tahu di mana mereka bermain.” (Goal/Red)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.