Jumat, 19 April 24

Apresiasi Pengusaha Arab Saudi, JK Anugerahkan Empat Primaduta

Apresiasi Pengusaha Arab Saudi, JK Anugerahkan Empat Primaduta
* Konsul Jenderal RI Jeddah  M Hery Saripudin (tengah) menerima penghargaan Primaduta. (Foto: KJRI Jeddah)

Tangerang, Obsessionnews.com – Sebagai bentuk apresiasi Pemerintah Indonesia terhadap usaha para importir yang mendorong masuknya produk Indonesia ke pasar  Arab Saudi, Wakil Presiden RI Jusuf Kalla (JK) menganugerahkan Primaduta Award kepada empat pengusaha Arab Saudi.

Penghargaan tersebut disampaikan JK melalui Konsul Jenderal RI Jeddah  M Hery Saripudin saat pembukaan di Trade Expo Indonesia (TEI) 2019 di ICE BSD City, Tangerang, Banten, Rabu (16/10/2019).

 

Baca juga:

Gandeng KJRI Jeddah, Kemenpar Sosialisasikan Wonderful Indonesia Week

Peringati HUT ke-74 RI, KJRI Jeddah Gelar Resepsi Diplomatik

KJRI Jeddah dan Bank Indonesia Gelar Halal Investment Forum

 

Empat perusahaan yang mendapat angugerah tersebut adalah Abdullatief Jamil dan Mawla Dawilah pada segmen pasar potensial manufaktur, Muhammad Bawazier Trade dan Said Bawazier pada segmen pasar produk umkm. Keempat perusahaan tersebut bergerak di bidang otomotif, makanan olahan, dan bumbu makanan.

“Capaian ini adalah hasil dari upaya KJRI Jeddah untuk meningkatkan perdagangan dengan terus menggandeng dan melakukan asistensi kepada pengusaha Arab Saudi,” kata Hery melalui siaran pers, Rabu.

Penghargaan dinilai dari beberapa kriteria seperti volume perdagangan, pertumbuhan perdagangan dalam tiga tahun terakhir, serta jenis pasar dan produk.

Penerimaan penghargaan tersebut bukan pertama kalinya bagi pengusaha asal Arab Saudi.

“Setiap tahunnya sejak 2016, selalu ada peningkatan jumlah pengusaha Arab Saudi yang mendapatkan anugerah penghargaan,”  tuturnya.

Lebih lanjut Hery menegaskan hal tersebut mengindikasikan semakin menguatnya hubungan ekonomi, utamanya hubungan dagang antara kedua negara.

Selama 2019 KJRI Jeddah intensif melakukan berbagai kegiatan membuka pasar Saudi bagi produk Indonesia, di antaranya pameran haji, halal business and investment forum, market intelligence, kunjungan sejuta buyers, serta pembentukan asosiasi profesi yang diarahkan menjadi duta produk Indonesia.

Sebagaimana diketahui kinerja ekspor non migas Indonesia ke Arab Saudi per Agustus 2019 mencapai lebih dari USD 1 miliar, atau naik sebesar 21.27% pada periode yang sama tahu  2018.

Pameran bertajuk TEI yang ke-34 tahun ini dilaksanakan selama empat hari dan akan ditutup secara resmi pada tanggal 20 Oktober 2019. (arh)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.