Kamis, 6 Oktober 22

Anies Baswedan Bercerita Dijamu Makan Malam di Rumah Menlu Jepang Yoshimasa Hayashi

Anies Baswedan Bercerita Dijamu Makan Malam di Rumah Menlu Jepang Yoshimasa Hayashi
* Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan istrinya, Fery Farhati, dijamu masakan khas Jepang di rumah Menteri Luar Negeri (Menlu) Jepang Yoshimasa Hayashi, yakni di Kota Ube. (Foto: FB Anies Baswedan)

Obsessionnews.com – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sudah lama bersahabat dengan Menteri Luar Negeri (Menlu) Jepang Yoshimasa Hayashi. Ikatan persahabatan ini terjalin jauh sebelum Yoshimasa menjadi Menlu Jepang.

 

Baca juga:

Persahabatan Anies Baswedan dan Menteri Luar Negeri Jepang Yoshimasha Hayashi

Anies Baswedan: Anak Muda Tawarkan Masa Depan

Anies Baswedan: Selamat Ulang Tahun, Fery Farhati

 

 

Dalam kunjungan kerjanya di Jepang Anies bercerita ia dan istrinya, Fery Farhati, dijamu masakan khas Jepang di rumah Yoshimasa, yakni di Kota Ube. Rumah itu berusia sekitar 100 tahun. Rumah itu warisan dari kakeknya, seorang industriawan besar di zamannya yang berhasil membangun Ube. Anies menceritakan hal ini di akun Facebooknya, Senin (15/8/2022). Berikut postingan Anies selengkapnya:

Menlu Jepang Yoshimasa Hayashi mengundang untuk bermalam minggu di kampung halamannya. Sebuah kota kecil bernama Ube, di prefecture Yamaguchi, sisi Selatan Jepang. Sekitar 950 km dari Tokyo atau 90 menit dengan pesawat.

 

 

Malam itu kami dijamu masakan khas Jepang, bersama istrinya Yuko Hayashi, PhD. Istrinya adalah seorang profesor di Universitas Yamaguchi pada bidang inovasi dan manajemen industri. Selain saya dan Fery Farhati, ikut bergabung dalam acara dinner itu adalah Atsushi Sunami, pimpinan Sasakawa Peace Foundation. Hayashi-san malam itu sengaja pakai batik Indonesia!

Rumahnya di Ube berusia sekitar 100 tahun. Sebuah rumah warisan kakeknya, seorang industriawan besar di jamannya yang berhasil membangun kota Ube. Rumah kuno ini cukup besar dibandingkan umumnya ukuran rumah Jepang.

Begitu tiba di rumahnya, Hayashi langsung “menjamu” kita dengan pianonya. Memang ia berasal dari keluarga pecinta musik.

Malam itu kita makan malam sambil diskusi panjang lebar tentang begitu banyak hal. Mulai dari mulai urusan masakan, upacara minum teh di Jepang, filosofi batik dan kain tradisional Indonesia, sampai soal stabilitas dunia.

Kami berterima kasih sekali atas undangannya untuk singgah ke kota masa kecilnya. Sebagai Menteri Luar Negeri tentu jadwalnya amat padat, tapi sebagai sahabat lama, ia luangkan waktu khusus untuk mengundang kami bermalam Minggu di kampung halamannya.

Sebuah malam Minggu yang mengesankan. Tak pernah terbayangkan bahwa perkenalan, lalu pertemanan, mengantarkan pada momen-momen persahabatan yang mengesankan seperti malam Minggu itu.

#ABW

#JakartaKotaGlobal

 

Pantauan obsessionnews.com sebanyak 7,2 ribu pengguna Facebook menyukai postingan Anies. Postingan ini mendapat 423 komentar dan dibagikan sebanyak 189 kali.

Berikut ini komentar dari beberapa warganet:

Normansyah Siregar:  Subhanallah. Luar biasa pak Anies Baswedan. Pertemanan menjadi sahabat. Lintas agama, budaya, bangsa, bahasa. Bisa bersatu karena sama sama berbudaya internasional. Makanya yg suka bilang pak ANIES BASWEDAN FOR 2024 radikal, intoleransi, hanya pandai menata kata perlu taubat melihat ini.

 

Ujang Sumarna: subhanalloh…

sahabat sejati…

salam sehat dan selalu dalam lindungan Alloh swt untuk Pak Anies Baswedan beserta keluarga…

 

Intan Permata Sary: Karena kalau ngobrol nyambung sih ya Pak Anies dengan siapapun. Bahasa Inggris cas cis cus. Bahasa Jepang pun paham. Bahas apa aja ngerti. Pastilah temen ngobrol tak pernah bosan.

 

Nurul Nurhanifah IX: Pak Anies Baswedan pertemanannya udah tingkat internasional… punya banyak sahabat karib di beberapa negara..

 

Diah Rajanti: Pemimpin itu memang harus punya banyak kecerdasan, salah satunya kecerdasan linguistik.

Ya gimana mau nyampein visi misi dan bertukar pandangan dengan orang dari berbagai strata kalo ngomong aja banyak nganunya.

Dahlah Pak… Paket kumplit nih.. ditunggu ya pencalonannya sebagai RI 1. Bismillah!

 

Mochtar Djamaludin: Anies…. anda layak jadi pemimpin bangsa ini. Cerdas, pemimpin berkwalitas, visioner, punya prestasi seabrek… dan networking sangat baik dengan pemimpin dunia.

INILAH MODAL UTAMA BAGI SESEORANG DALAM MEMIMPIN SUATU BANGSA… Dan seorang Anies Baswedan telah mempunyai kriteria itu…. Bravo Pak Anies Baswedan… masa depan bangsa ini ada ditanganmu

(arh)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.