Sabtu, 27 April 24

Ancam Perdamaian Dunia, Komisi I DPR Kecam Langkah Israel Aneksasi Tepi Barat

Ancam Perdamaian Dunia, Komisi I DPR Kecam Langkah Israel Aneksasi Tepi Barat
* Wakil Ketua Komisi 1 DPR  RI Abdul Kharis Almasyhari. (Foto: dok. pribadi)

Anggota Fraksi PKS DPR ini meminta Kementerian Luar Negeri segera mendesak Dewan Keamanan (DK) PBB untuk membuat sidang darurat  menyikapi langkah Israel dan AS  tersebut. Kharis merasa aneksasi tidak sesuai dengan Pasal 24 Piagam PBB dan berbagai resolusi PBB lainnya.

“Mengutip pernyataan Duta Besar Palestina untuk PBB Riyadh Mansour, ketika semua orang berlindung di rumahnya di saat pandemi, bagaimana mungkin Israel dapat membenarkan langkahnya yang terus menghancurkan rumah-rumah warga Palestina. Ini jelas teror di tengah pandemi. Kita harus bersama hentikan ini,” tegasnya.

Kharis mendukung sikap Indonesia yang disampaikan dalam pertemuan “Open Debate” DK PBB beberapa hari lalu secara virtual untuk membahas kondisi terkini di Palestina dan kawasan Timur Tengah, termasuk dalam menghadapi pandemi Covid-19. Dan meminta Kementerian Luar Negeri untuk terus menggalang negara sahabat wabil khusus Organisasi Konfeensi Islam (OKI) dalam sikap yang sama.

“Aksi provokasi dan tindakan sepihak Israel dalam aneksasi wilayah Palestina jelas ditentang sebagian negara anggota DK PBB. Itu jelas belum cukup. Kita harus galang sebanyak mungkin negara sahabat dan kita juga tegaskan kembali dukungan  terhadap two-state solution yang berdasarkan pada parameter internasional yang telah disepakati sesuai dengan berbagai resolusi DK PBB yang berujung pada Kemerdekaan Palestina tentunya,” tutur Kharis. (arh)

Pages: 1 2

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.