Sabtu, 27 April 24

Akibat Serangan Berlin, Jalan Sekitar Istana Buckingham Ditutup

Akibat Serangan Berlin, Jalan Sekitar Istana Buckingham Ditutup

London – Jalan-jalan di sekitar Istana Buckingham, salah satu kediaman resmi ratu Inggris, mulai Rabu (21/12) ditutup ketika dilakukan pergantian penjaga untuk mencegah serangan seperti yang terjadi di pasar Natal di Berlin pada Senin (19/12) malam.

Penutupan ini merupakan bagian dari peningkatan pengamanan setelah insiden di Berlin dan penembakan Dubes Rusia untuk Turki, Andrei Karlov, di Ankara.

Dalam insiden di Berlin, pelaku mengendarai truk besar dan menabrakkan kendaraan ke pasar Natal, menewaskan 12 orang sementara puluhan lainnya luka-luka.

Polisi di Inggris menjelaskan, selain menutup jalan-jalan di sekitar Istana Buckingham, petugas keamanan juga menempatkan tambahan penghalang jalan.

Dijelaskan pula bahwa sebenarnya pengetatan pengamanan sudah dibahas beberapa bulan lalu, namun penerapannya dipercepat menyusul serangan di Berlin.

Wali Kota London, Sadiq Khan, mengatakan pihaknya bekerja sama dengan kepolisian untuk memastikan keamanan dan keselematan warga dan pengunjung di ibu kota Inggris ini.

Apa yang harus dilakukan ketika berada di lokasi yang diserang?

  • Yang pertama adalah lari untuk berlindung/menyelamatkan diri. Opsi ini jauh lebih baik daripada menyerah atau berunding dengan pelaku.
  • Jika tak bisa berlari, maka coba untuk bersembunyi. Jangan coba-coba untuk menghadapi pelaku.
  • Ingat, ubah profil ponsel menjadi silent dan matikan fungsi vibrate.
  • Dan akhirnya, jika memungkinkan, hubungi layanan darurat.

“Memastikan keselamatan semua orang yang ada di London adalah prioritas utama saya dan kepala kepolisian London,” kata Khan, seraya menambahkan bahwa warga London bersimpati dengan warga Berlin.

Serangan di Berlin juga mendorong polisi mengeluarkan imbauan kepada masyarakat untuk waspada dan berhati-hati ketika berada di pasar Natal, yang biasanya makin ramai pada hari-hari mendatang.

Kepolisian di Manchester -salah satu kota terbesar di Inggris- mengatakan ‘tidak menerima informasi akan adanya serangan, namun akan meningkatkan patroli’ di sekitar 10 pasar Natal di kota tersebut.

Juru bicara perdana menteri Inggris mengatakan pemerintah sejauh ini belum berencana menaikkan tingkat keamanan yang saat ini dalam status ‘serius/parah’ yang mengindikasikan bahwa ‘sangat mungkin terjadi serangan teroris’. (bbc.com)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.