Senin, 1 Juni 20

ACT Bantu Permudah Akses Air Melalui Pipanisasi di Bojonegoro

ACT Bantu Permudah Akses Air Melalui Pipanisasi di Bojonegoro
* Warga Dusun Jiwo, Desa Pajeng, Kecamatan Gondang, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, menikmati sarana air bantuan dari  Global Wakaf - Aksi Cepat Tanggap (ACT). (Foto: ACT)

Bojonegoro, Obsessionnews.com  – Merespons kondisi kekeringan yang terjadi hampir di seluruh provinsi Indonesia, Aksi Cepat Tanggap (ACT) terus mendistribusikan jutaan liter air bersih per hari di seluruh wilayah Indonesia.

Dusun Jiwo, Desa Pajeng, Kecamatan Gondang, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, menjadi salah satu wilayah menjadi target distribusi. Tidak hanya mendistribusikan air bersih, tim ACT juga membantu pipanisasi bagi sumur-sumur warga yang kekeringan.

 

Baca juga:

Global Qurban-ACT Siap Distribusikan Lebih Banyak Manfaat untuk Kurban 2020

ACT Ajak Masyarakat Indonesia Jadi Dermawan Atasi Kekeringan

ACT Bantu Evakuasi Korban Jatuhnya Lion Air

 

Saat ini beberapa sumur kecil lain yang ada di sekitar sumur besar andalan warga sudah tidak mengalirkan air sama sekali.

“Kalau warga di dusun bagian atas, biasanya membuat kelompok. Jadi nanti ada yang bertugas mengambil air untuk dipakai bersama. Kadang-kadang ada 10 orang. Begitu juga dusun bagian bawah, kalau memang titik-titik sumber air yang kecil-kecil itu habis, mereka ambil airnya juga ke sini, karena inilah pilihan terakhir,” kata seorang warga Dusun Jiwo Sunarto seperti dikutip obsessionnews.com dari keterangan tertulis ACT, Kamis (29/8/2019).

Global Wakaf – Aksi Cepat Tanggap (ACT) memudahkan warga desa bagian atas ini semenjak Januari lalu. Pipanisasi terbentang dari sumur besar di desa bawah agar bisa dialirkan ke desa atas dan ditampung di sebuah toren yang terletak di dalam Masjid Dusun Jiwo. Tidak hanya itu, sebuah MCK juga dibangun kala itu dan semuanya masih berfungsi hingga kini.

“Mudah-mudahan ke depannya pipanisasi ini bisa membantu kekurangan air. Khususnya daerah bagian atas desa. Jadi tidak perlu lagi repot-repot mengambil ke sini (sumur besar), cukup di atas sana aja. Karena jaraknya dari atas ke bawah itu kurang lebih 500 meter,” harap Sunarto.

Halaman selanjutnya

Pages: 1 2 3

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.