Sabtu, 20 April 24

ACT Bantu Evakuasi Korban Jatuhnya Lion Air

ACT Bantu Evakuasi Korban Jatuhnya Lion Air
* Aksi Cepat Tanggap (ACT) menerjunkan tim penyelamat di bebetapa titik yang menjadi lokasi jatuhnya pesawat Lion Air JT 610. (Foto: Doc ACT).

Jakarta, Obsessionnews.com – Aksi Cepat Tanggap (ACT) menerjunkan tim penyelamat di beberapa titik yang menjadi lokasi jatuhnya pesawat Lion Air JT 610. Tim yang terdiri dari 12 orang itu membantu proses evakuasi pesawat tujuan bandar udara Depati Amir ini. 

“Dua regu itu ada di Pantai Pakis, Karawang sebagai tempat yang diduga jatuhnya pesawat. Satu regu lagi akan di posko utama di Tanjung Priok untuk evakuasi korban yang ditemukan,” ungkap Kusmayadi selaku Koordinator Evakuasi ACT, Senin (29/10/2018).

Tim ACT dibagi menjadi dua regu. Di mana pada petang tadi turut mengevakuasi korban menggunakan Kapal Republik Indonesia (KRI) nomor lambung 356, serta melakukan identifikasi serpihan pesawat yang ditemukan petugas di lapangan.

“Rencananya, besok pagi sebagian personel akan ikut pencarian bersama KRI dengan nomor lambung 356 ini,” kata Kusmayadi.

Diketahui pesawat Lion Air rute Jakarta-Pangkalpinang hilang kontak, Senin (29/10/2018) pagi. Dikabarkan setelah tak adanya komunikasi dengan awak pesawat, sinyal terakhir mencatat pesawat dengan nomor penerbangan JT 610 berada di atas perairan laut jawa sebelah utara.

Dari laporan Disaster Management Institute of Indonesia (DMII) – Aksi Cepat Tanggap (DMII-ACT) menyebutkan jumlah penumpang sebanyak 189 orang. Ratusan penumpang tersebut terdiri dari 178 dewasa, 1 anak-anak, 2 bayi, dan 8 orang awak pesawat. 

Sampai saat ini, pencarian korban masih terus dilakukan oleh tim pencari gabungan yang terdiri dari berbagai unsur. Tiga kapal dan satu helikopter dikerahkan guna memaksimalkan pencarian. 

Di beberapa titik yang diperkirakan menjadi tempat jatuhnya pesawat, ditemukan beberapa barang yang diduga milik penumpang pesawat. Puing pesawat, pelampung, barang pribadi dan enam jenazah ditemukan di perairan utara Karawang. (Has)

 

Baca juga:

Jokowi Sampaikan Duka Cita Saat Bertemu Keluarga Korban Jatuhnya Lion Air

Sebelum Insiden Lion Air, Para Pegawai Kemenkeu Ikut Kegiatan Hari Oeang ke-72

Australia Instruksikan Warganya di Indonesia Tak Gunakan Pesawat Lion Air

Jokowi Akan Temui Keluarga Korban Jatuhnya Pesawat Lion Air

Insiden Jatuhnya Pesawat Lion, Megawati: Saya Ikut Prihatin

Sebelum Hilang, JT-610 Sempat Minta Kembali ke Bandara Asal

Ada 20 Pegawai Kemenkeu di Pesawat Lion Air yang Terjatuh

Pesawat Lion Air yang Jatuh Masuk dalam Kawasan Pertamina

Pesawat Lion Air yang Hilang Kontak Bawa 178 Penumpang

Pesawat Lion Air Diduga Jatuh di Kepulauan Seribu

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.