Kamis, 19 Juli 18

Singkirkan Belgia, Prancis ke Final Piala Dunia 2018

Singkirkan Belgia, Prancis ke Final Piala Dunia 2018
* Prancis vs Belgia 1-0.

Prancis sukses melangkah ke final Piala Dunia 2018 setelah mengalahkan 1-0 atas Belgia dalam duel semi-final di Stadion Krestovsky Saint Petersburg, Rabu (11/7) dini hari WIB.

Samuel Umtiti menjadi penentu Les Bleus lolos ke final berkat gol tunggalnya ke gawang Belgia di menit ke-51 melalui sundulan kepala, setelah Prancis mendapatkan tendangan sudut.

Pertandingan Prancis-Belgia, yang sama-sama diunggulkan ini berjalan ketat. Dua tim bertabur bintang ini saling serang sejak menit pertama.

Namun, Prancis secara taktik lebih cerdik dengan mematikan bintang-bintang Belgia seperti Kevin de Bruyne, Romelu Lukaku, dan Eden Hazard.

Belgia yang antara lain dikenal piawai dalam serangan balik tak berdaya melewati barisan pertahanan Prancis yang sangat rapi.

Belgia adalah salah satu tim yang diunggulkan di Piala Dunia 2018 dan dengan modal pemain-pemain bintang, tim Belgia mendapat predikat ‘generasi emas’.

Generasi emas Belgia berhasil dihentikan oleh Prancis, tim yang dalam perjalanan menuju puncak antara lain secara gemilang menyingkirkan Argentina, sekaligus mencegah Lionel Messi mengangkat trofi turnamen.

Laga diawali dengan peragaan dominasi Belgia yang memaksa Prancis lebih banyak bertahan. Jual beli serangan terus terjadi selama 45 menit permainan. Hanya saja tak ada satu pun gol yang diciptakan kedua tim hingga turun minum.

Awal babak kedua menjadi momen positif bagi Prancis. Samuel Umtiti dengan golnya pada menit ke-51 mengejutkan Belgia, sang bek Barcelona mampu mengalahkan penjagaan dua pemain jangkung, Marouane Fellaini dan Alderweireld untuk menanduk bola masuk ke gawang Belgia.

Tertinggal satu gol membuat Belgia lebih gencar dalam membangun serangan, pergantian ofensif pun dilakukan dengan menarik Mousa Dembele untuk Dries Mertens. Sejumlah tekanan dilancarkan anak asuh Roberto Martinez, tapi peragaan barisan pertahanan solid Prancis menjadi kendala mereka.

Pertandingan semakin menarik dalam 15 menit akhir, dengan Belgia sangat berambisi menyamakan kedudukan. Menit ke-81, aksi penyelamatan Lloris kembali mengagalkan upaya Belgia untuk mengubah keadaan lewat tembakan kencang dari luar kotak penalti yang dilepaskan Axel Witsel.

Sisa waktu permainan plus tambahan enam menit tetap tak mampu dioptimalkan para penggawa Belgia. Hingga wasit meniup peluit panjang, Prancis tetap mempertahankan keunggulan dan melaju ke final yang akan berhadapan dengan pemenang laga Inggris-Kroasia yang digelar pada Kamis ini hari WIB.

Pelatih timnas Prancis, Didier Deschamps, mengatakan laga final harus dimenangkan untuk menebus kekalahan di babak final Piala Eropa 2016. (goal.com/bbc.com)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.