Jumat, 26 April 24

Komunikonten Adakan Diskusi Strategi Mempromosikan Wasatiyah Islam Lewat Medsos

Komunikonten Adakan Diskusi Strategi Mempromosikan Wasatiyah Islam Lewat Medsos
* Salah satu diskusi yang diadakan Komunikonten soal media sosial.

Jakarta, Obsessionnews.com – Komunikonten (Institut Media Sosial dan Diplomasi) akan mengadakan diskusi bertema: Strategi Mempromosikan Wasatiyah Islam Lewat Diplomasi Media Sosial, pada Selasa 26 Juni 2018, pukul 13.30 WIB – selesai, di Aula PGK, Jalan Duren Tiga Raya No 7, Pancoran, Jakarta Selatan. Kegiatan ini gratis, terbuka untuk umum, pendaftaran ke no HP: +62852-0145-9950

Narasumber yang sudah mengkonfirmasi kehadirannya adalah: 1) Hajriyanto Y Thohari, Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah 2015-2020, Wakil Ketua MPR 2004 – 2019, 2) Marbawi, Ketua Yayasan Nusadamai, Ketua Umum GNKRI, 3) Savic Ali, Direktur Pemberitaan Nahdlatul Ulama Online, Pendiri islami.co, 4) Tauhid Nur Azhar, Dewan Pakar Neurosains Indonesia, Dosen Fakultas Psikologi Universitas Islam Bandung dan C-Gen Indonesia.

Hariqo Wibawa Satria, Direktur Eksekutif Komunikonten mengatakan bahwa di era digital setiap kita adalah diplomat. Diskusi ini mendorong setiap orang menjadi juru bicara wasatiyah Islam dengan media sosialnya masing-masing. Karena itu diperlukan wawasan tentang wasatiyah Islam, agar apa yang disampaikan di internet dan media sosial memberikan manfaat untuk kemajuan Indonesia dan perdamaian dunia.

“Diplomasi media sosial kami artikan sebagai gotong-royong yang kita lakukan untuk kepentingan nasional NKRI, di antaranya menciptakan keadilan dunia dan perdamaian abadi. Salah satu caranya mempromosikan tujuh nilai utama wasatiyah Islam yang telah disepakati dalam pertemuan besar para Ulama dan Cendekiawan Muslim Dunia pada awal Mei 2018 lalu di Bogor,” jelas Hariqo Wibawa Satria di Depok, Jawa Barat, Minggu (24/6/2018).

Hariqo menambahkan bahwa citra baik sebuah negara di mata dunia internasional tidak saja karena pidato pejabatnya di forum-forum resmi, namun juga oleh apa yang diproduksi dan disebarkan oleh warganya di media sosial. Itulah yang menginspirasi Komunikonten merumuskan 10 tugas diplomat di internet dan media sosial.

Sebelumnya, Indonesia berinisiatif mengadakan Konsultasi Tingkat Tinggi Ulama dan Cendekiawan Muslim Dunia pada 1 – 3 Mei 2018 lalu di Bogor. Kegiatan ini dibuka oleh Presiden Joko Widodo, dihadiri berbagai ulama dunia termasuk Grand Sheikh al-Azhar, Kairo, Ahmad Muhammad ath-Thayyib. Di akhir pertemuan itu, Din Syamsudin, Utusan Khusus Presiden untuk Dialog dan Kerja Sama Antaragama dan Peradaban mengatakan bahwa KTT Ulama dan Cendekiawan Muslim Dunia pada 1 – 3 Mei 2018 di Bogor, Indonesia menyepakati tujuh nilai utama wasatiyah.

Pertama tawassut, yaitu berada pada posisi di jalur tengah dan lurus. Kedua, i’tidal, yaitu berperilaku proporsional dan adil serta bertanggung jawab. Nilai ketiga tasamuh, yaitu mengakui dan menghormati perbedaan dalam semua aspek kehidupan.

Keempat, syura, yaitu bersandar pada konsultasi dan menyelesaikan masalah melalui musyawarah untuk mencapai konsensus. Kelima, islah, yaitu terlibat dalam tindakan yang reformatif dan konstruktif untuk kebaikan bersama. Keenam qudwah, yaitu melahirkan inisiatif yang mulia dan memimpin untuk kesejahteraan manusia. Dan, nilai ketujuh muwatonah, yaitu mengakui negara bangsa dan menghormati kewarganegaraan. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.